Lifestyle

Gigi Berlubang itu lebih sakit dari pada sakit hati

gigi-berlubang

Seperti lagu dangdut saja, lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati. Tapi apa anda yang kin lebih memilih sakit gigi dari pada di tinggalkan pasangan anda ?. mungkin ada beberapa orang yang lebih memilih tidak sakit gigi saja, apalagi sampai gigi berlubang. Wah bisa marah tiap saat tuh, apa lagi kalau mendengar yang ribut – ribut, sudah pastinya pengen marah aja toh. Gigi berlubang merupakan masalah gig yang sering di rasakan oleh beberapa orang yang kurang menjaga kebersihan giginya.

Masalah yang paling banyak terjadi ini ternyata sebagian besar menyerang anak-anak dikarenakan makanan yang kurang sehat dan tidak baik dikonsumsi secara terus menerus. Hmm bagaiman dengan dewasa, ya pastinya tidak lepas juga dengan masalah yang satu ini. Gigi merupakan organ yang sangat penting mengingat perannya sebagai pelumat makanan. Kesehatan gigi sangat perlu untuk dijaga. Karena organ ini seringkali terkontak dengan bakteri sebagaimana mulut merupakan pintu masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh.

Masalah gigi berlubang adalah masalah yang paling umum terjadi menyerang kesehatan gigi dan mulut. Namun kenyataan yang seperti ini tentu bukan berarti membuat orang dewasa tidak bisa terserang masalah gigi berlubang. Gigi berlubang adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang merusak gigi. Semua manusia memiliki bakteri dalam mulut mereka, dan juga dapat dengan mudah menumpuk di permukaan gigi, terutama setelah makan. Seiring waktu, jika tidak teratur disikat atau membersihkan gigi, bakteri dapat membentuk lapisan tipis pada gigi yang disebut “plak.”

Dan Plak lebih sulit untuk dihilangkan, kecuali dengan alat-alat khsusus untuk gigi. Plak secara bertahap akan melarutkan mineral pada permukaan gigi, sehingga akan memngakibatkan lubang kecil, dan akan menjadi semakin besar dari waktu kewaktu. Meskipun semua orang berisiko mendapat gigi berlubang, namun beberapa orang memiliki faktor risiko lebih tinggi dari yang lain. Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah loh.

Bagi anda yang menderita gigi berlubang sangat disarankan untuk memperbaiki cara menggosok gigi secara benar dan rutin. Gigi berlubang mungkin saja diakibatkan karena Anda sering melupakan jadwal menggosok gigi minimal 2 kali sehari yang wajib dilakukan. Oleh karena itulah, anjuran untuk mencegah bertambah parahnya lubang yang bisa bertambah lebar adalah dengan secara rutin menggosok gigi. Bahkan, nyeri ketika gigi berlubang dapat dicegah dengan menggosok gigi secara rutin. Terdapat beberapa orang yang menggunakan cara merawat gigi berlubang yang mulai nyeri dengan sesegera mungkin menggosok gigi.

Biasakanlah mulai dari sekarang untuk menggosok gigi secara rutin setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Itu kalau anda masih bisa menahan rasa nyeri tapi kalau tidak anda bisa berkumur menggunakan air garam yang hangat. Air garam ini diketahui dapat menjadi anti-bakteri yang mungkin menyebabkan gigi berlubang atau terserang nyeri. Sehingga, hal ini dapat menjadi cara merawat gigi tradisional yang bisa Anda tempuh. Cara ini ditempuh dengan melarutkan 1 sendok garam dengan segelas atau setara 250 cc air hangat. Anda juga bisa mencampurkan perasan air jeruk kedalamnya untuk lebih mengefektifkan obat tradisional ini.

Kalau berbicara yang tradisional ada lagi inih caranya yaitu menggunakan bawang merah dan bawang putih, bawang merah dapat mengatasi rasa sakit pada gigi berlubang dengan cara menggosokkan beberapa siung bawang merah kedalam gigi yang terasa sakit. Ini dikarenakan bawang merah mengandung zat antiseptik dan anti mikroba yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada gigi berlubang. Sedangkan bawang putih memiliki zat antibiotik. Cara yang digunakan pun hampir sama dengan bawang merah, yaitu dengan cara menggosokkan atau bisa juga dengan menumbuknya lalu sisipkan kedalam lubang gigi.

Banyak orang berpendapat bahwa minyak cengkeh atau daun cengkeh dapat mengatasi sakit gigi berlubang. Dengan cara menyeduh daun cengkeh dengan air panas, lalu ambil kain atau kapas untuk dilumatkan dengan air rebusan daun cengkeh tersebut kedalam gigi anda yang berlubang. Sedangkan untuk minyak cengkeh cukup anda teteskan sedikit kedalam gigi anda yang berlubang. Jadi mulai sekarang jagalah gigi anda baik – baik ya, toh kalau gigi anda rusak malah memperburuk penampilan anda.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close