Headline NewsTourism

GIPI Gelar Munas Kedua Tahun 2022 Dengan Slogan “Pulih Bersama Bangkit Bersama”

Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) pada Kamis (30/06/2022) menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) kedua tahun 2022 di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta.  Munas merupakan amanah Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) GIPI  tentang penyelenggaraan Musyawarah Nasional (MUNAS) yang diselenggarakan 5 (lima) tahun sekali.

Kali ini Munas mengusung slogan “Pulih Bersama, Bangkit Bersama”. Slogan tersebut menjadi bentuk dukungan GIPI terhadap pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia yang puncaknya akan helat dihelat pada November tahun ini di Bali.

Sementara itu, untuk tema yang diangkat  adalah “Kolaborasi dan Sinergitas Pariwisata Bangkit Ekonomi Tumbuh”

Ketua Organizing Committee Panca R. Sarungu mengatakan Munas kedua GIPI ini, dapat dijadikan momentum untuk memupuk kebersamaan menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi di sektor pariwisata utamanya akibat pandemi Covid-19.

“.Jadi kesempatan ini, merupakan kesempatan yang berharga saling berkolaborasi  antara industri pariwisata Indonesia dan tentunya yang paling penting adalah kerja sama yang dijalin untuk bersama-sama  keluar dari pandemi  sesuai dengan slogan kita Pulih Bersama, Bangkit Bersama,” kata Panca saat jumpa pers di Hotel Grand Mercure Harmoni, Rabu sore (29/06/2022).

“Selain itu,Kementerian Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif telah menaruh harapan kepada GIPI dapat mendorong industri pariwisata  lebih maju lagi  kedepan,” lanjut Panca.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Umum GIPI Didien Junaedy. Didien berharap pelaksanaan  Munas dapat berjalan lancar dan melahirkan generasi baru yang dapat memimpin serta membawa GIPI jauh lebih baik lagi kedepan

“Saya mengatakan pentingnya ada generasi  baru yang dapat memunculkan   pemikiran-pemikiran baru. Ingat organisasi GIPI sifatnya nirlaba jadi tidak boleh ada bisnis di situ,  karena kita adalah partner dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dan diharapkan nanti GIPI dapat lebih mengayomi mengayomi  seluruh industri, harus bekerjasama , kolaborasi untuk sektor pariwisata,” ujar Didien.

Sementara itu Ketua Steering Committee   Mangara T. Gultom mengatakan persiapan yang dilakukan Steering Committee sudah seratus persen  dan peserta yang telah memberikan  konfirmasi kehadiran sebanyak  35 asosiasi dan 19 DPD.

“Mudah-mudahan Munas dapat menciptakan terobosan-terobosan yang akan kita buat untuk periode yang akan datang. Jadi kalau yang saya sampaikan GIPI itu adalah Kadinnya pariwisata. Jadi kalau semua asosiasi berkumpul di GIPI sangat besar potensi yang kita harapkan,” ungkap Mangara.

Perlu diketahui Munas kedua GIPI akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sekaligus akan memberikan arahan kepada anggota GIPI. Setelah resmi dibuka, acara Munas  akan dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Umum GIPI periode 2022-2027.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button