Headline NewsInvestment

Google Suntik Go-Jek Untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Google akhirnya buka suara terkait kabar yang menyebut Goolge mensuntikan dananya ke jasa transportasi online Go-Jek. Google membenarkan invetasi yang dilakukan kepada jasa transportasi yang menjadi primadona di Indonesia ini. Meski mengakui, namun Google belum mau terbuka berapa nilai investasi yang dikucurkannya.

VP Next Billion Users Team Google Caesar Sengupta mengakui kehebatan Go-Jek sebagai perusahaan yang berasal dari Indonesia ini.  Caesar mengatakan Go-Jek terbukti memiliki rekam jejak yang baik dalam menerapkan teknologi dengan baik, sehingga terbukti memudahkan masyarakat di tanah air.

“Investasi ini membuat kami dapat bekerja sama dengan perusahaan lokal terbaik di ekosistem perusahaan rintisan (startup) yang berkembang di Indonesia, termasuk mempertegas komitmen kami kepada ekonomi digital di Indonesia,” kata Sengupta dikutip dari blog Google yang berjudul ‘Berinvestasi di Indonesia’ pada awal pekan lalu.

Google melihat pertumbuhan digital di Indoensia begitu signifikan. Karena itu kehadiran situs pencarian ini juga akan ikut berpartisipasi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indoensia melalui investasi kepada Go-Jek.

Hingga saat ini, Google menyatakan, sudah melatih 60 ribu warga Indonesia untuk mengembangkan aplikasi mobile. Targetnya, sebanyak 100 ribu warga Indonesia sudah terlatih pada 2020Google, melalui Gapura Digital juga berinisiatif melatih lebih dari 40 ribu pemilik usaha kecil di 10 kota. 

Sebagai ‘rumah’ bagi empat dari delapan unicorn Asia, Google sangat menyadari potensi ekonomi digital Indonesia. “Indonesia adalah salah satu dari dua negara pertama di dunia yang memeroleh Google Station, yaitu produk kami yang bertujuan menghadirkan wifi publik berkualitas tinggi,” kata Sengupta.

Sebelumnya, Alphabet, induk usaha Google dan beberapa perusahaan lain dikabarkan telah menyuntikkan modal senilai US$ 1,2 miliar atau setara Rp 16 triliun ke Go-Jek. Dana ini lebih besar dibanding investasi yang didapat Go-Jek sebelumnya dari Tencent.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close