DestinationTourism

Gunung Dempo, Sensasi Pendakian yang Menantang

gunung dempo

Berdiri 3195 meter di atas permukaan laut, Gunung Dempo adalah gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Bersama dengan Gunung Marapi di pulau Sumatera, Gunung Dempo adalah puncak tertinggi di pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera. Setelah menyeruput secangkir teh manis hangat di pagi hari, mendengarkan kicauan burung di pohon-pohon dan menyaksikan matahari perlahan terbit di cakrawala, adalah pagi dan awal yang sempurna untuk mendaki ke puncak Gunung Dempo.

Terletak diperbatasan antara propinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatera, Gunung Dempo terletak di Kabupaten Pagar Alam. Seperti namanya Pagar Alam yang berarti pagar alam, nyatanya seluruhnya tempat ini dikelilingi perbukitan dan pegunungan. Butuh sekitar 7 jam mengemudi untuk mencapai Pagar Alam dari Palembang dan 15 kilometer dari pusat kota Pagar Alam ke Gunung Dempo. Perjalanan menuju gunung ini tidak akan membosankan, karena Anda akan dimanjakan dengan pemandangan tebing dan lembah yang fantastis dalam nuansa udara yang sejuk. Sebuah perkebunan teh luas akan menyapa Anda ketika Gunung Dempo tepat di depan mata.

Setelah logistik Anda dimuat, tenda dan kantong tidur siap, hal berikutnya yang Anda lakukan adalah menempuh jalan menantang. Dengan ransel yang berat akan mengantar langkah pertama Anda melalui perkebunan teh yang luas. Berjalanlah terus ke depan tanaman teh yang hijau akan digantikan oleh semak-semak liar dan jalan mulai mendaki. Di antara para pendaki gunung, Gunung Dempo dikenal memiliki jalur menantang dengan lereng berliku-liku telah membuat Gunung Dempo menjadi favorit di antara para pendaki. Menegak segarnya air gunung, mendengar kicau burung dan suara hewan lainnya. Berhentilah sejenak untuk mengistirahatkan kaki dan punggung Anda sambil menikmati suasanya alam dan udara yang segar merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Tidak ada yang bisa menandingi sensasi nikmatnya keberhasilan mencapai puncak gunung. Pendakian yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indahnya ditemani luasnya cakrawala di kejauhan. Pengalaman ini merupakan pengalaman yang tidak bisa dibayar dengan sejumlah uang. Anda akan menyaksikan kawah Gunung Dempo yang masih mengepul dan masih aktif. Suasana pemadangan yang Anda abadikan di kamera Anda merupakan piala atas keberhasilan Anda mencapai puncak. Selain pemadangan gunung yang menantang ini, sisa-sisa budaya prasejarah juga dapat ditemukan di daerah tersebut.

Ukiran batu dalam bentuk manusia, hewan dan lainnya tersebar di sepanjang lereng Gunung Dempo. Di dalam Pagar Alam juga terdapat pasar tradisional yang menjual berbagai barang lokal seperti teh, kopi, buah-buahan, dan lainnya yang layak untuk Anda kunjungi. Hiking dan trekking jelas adalah kegiatan utama yang Anda bisa lakukan di Gunung Dempo. Puncak tinggi Gunung Dempo menawarkan trek menantang, jalur berbatu, lereng miring, dan berbagai rintangan lainnya. Dengan kata lain, sebuah petualangan yang hampir sempurna. Ada 2 pos di sepanjang jalur menuju puncak, sementara beberapa tempat memerlukan sedikit keterampilan mendaki.

Pemandangan menyenangkan dari perkebunan teh juga merupakan daya tarik yang Anda tidak ingin lewatkan. Berbaur dengan penduduk setempat dan mencoba sensasi memetik daun teh segar. Di sekitar Pagar Alam juga terdapat situs pra-sejarah Tangga Batu. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai pahatan batu berbentuk kepala manusia, hewan dan sejenisnya. Sisa-sisa kuno era Megalitikum ini masih tersebar di seluruh daerah. Air terjun Lematang Indah terletak tidak jauh dari Gunung Dempo dan bisa menjadi tempat alternatif untuk Anda kunjungi. Di sini, Anda dapat memanjakan mata Anda dengan keindahan tak berujung dari air terjun dan sungai yang mengalir di bawah. Sungai ini juga menyediakan arus menantang untuk arung jeram, sebuah kegiatan tambahan yang sempurna setelah menaklukkan puncak Gunung Dempo. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close