Headline News

Hadapi Pandemi COVID19, Indonesia dan Rusia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Menghadapi dampak pandemi COVID-19, Indonesia dan Rusia sepakat untuk kembali menguatkan komitmen bersama dalam meningkatkan kerja sama ekonomi di bidang perdagangan, investasi dan industri. Kesepakatan ini dicapai kedua negara pada Pertemuan ke-4 Indonesian – Russian Working Group on Trade, Investment and Industry (WGTII) yang berlangsung secara virtual belum lama ini

Bertepatan dengan momentum peringatan 70 tahun hubungan bilateral, WGTII ke-4 menjadi forum penting untuk semakin memperkuat kerja sama, kolaborasi, konsultasi dan dialog di bidang ekonomi antar kedua negara.  Hal ini disampaikan Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Eropa, Afrika, dan Timur Tengah Kemenko Perekonomian, Fajar Wirawan Harijo, selaku Ketua Delegasi RI pada pertemuan tersebut.

“Indonesia merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Rusia, dan Rusia berkomitmen untuk tingkatkan nilai perdagangan dan investasi dengan Indonesia,” ujar Direktur Departemen Kerjasama Ekonomi Multilateral dan Proyek Khusus, Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia, Natalia Stapran yang bertindak sebagai Ketua Delegasi Rusia.

​Pertemuan ke-4 WGTII RI-Rusia membahas berbagai kendala, peluang dan terobosan untuk mengurangi hambatan ekspor/impor perdagangan; penjajakan kerja sama pengembangan industri strategis dan penanganan COVID-19, termasuk kerja sama vaksin; serta mendorong peningkatan partisipasi sektor bisnis dan swasta dalam proyek investasi kedua negara. Indonesia dan Rusia juga sepakat untuk memberikan dukungan atas penyelesaian Joint Feasibility Study Group (JFSG) antara Indonesia dan negara-negara Eurasian Economic Union (EAEU) sebagai upaya pembentukan Free Trade Agreement Indonesia dengan negara anggota EAEU.

Hasil pertemuan selanjutnya dituangkan dalam Protocol of the Fourth Session of Indonesian – Russian Working Group on Trade, Investment and Industry yang menjadi landasan kedua negara dalam mempersiapkan Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-13 RI – Rusia Bidang Kerjasama Perdagangan, Ekonomi dan Teknik tahun 2021. (Sumber: Kementerian Luar Negeri)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close