Hilda Karolina dan Dara Sabella Bersama Relawan Bergerak Selamatkan Medan Zoo

0

Kondisi Medan Zoo yang memprihatinkan membuat Putri Kopi Indonesia 2023 Hilda Karolina dan Putri Pariwisata Nusantara Best Presentation 2023 Dara Sabella terpanggil untuk membenahi kebun bintang kebanggaan warga Medan tersebut pada Rabu (24/1/2024).

Putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia ini tidak sendiri, mereka bersama Bumantara Team dan influencer kota Medan menjadi relawan untuk membersihkan area yang ada di Medan Zoo. Area tersebut yakni mulai dari kandang, toilet, sungai, hingga jalan setapak. Kegiatan ini diberi nama aksi selamatkan Medan Zoo.

Sekitar 300 relawan, termasuk Putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia terlihat membersihkan beberapa kandang hewan, baik itu yang sudah kosong maupun yang masih terisi seperti kandang rusa, burung, kuda, dan lainnya.

“Menurut saya, kondisi Medan Zoo saat ini sangat memprihatinkan, seperti yang kita ketahui di mana hewan-hewannya banyak tidak terurus dan tempatnya juga sudah tidak memadai lagi. hal yang perlu diperbaiki dari Medan Zoo adalah kebersihan lingkungan dan kebersihan tempat tinggal satwanya lebih diperhatikan, dan lebih memperhatikan kesehatan dari satwa yang ada,” ucap Hilda.

Menurut Hilda, ada beberapa cara untuk meningkatkan kepedulian terhadap makhluk hidup terutama hewan-hewan di Medan Zoo.

“Cara kita untuk meningkatkan kepedulian terhadap makhluk hidup adalah kita harus menyeimbangkan hal sekecil apapun itu dengan alam, melakukan hal sederhana demi kepentingan makhluk hidup lain dalam kehidupan sehari-hari, dan bergerak demi kepentingan alam bukan kepentingan pribadi,” kata Hilda.

Dengan menjadi volunteer, Hilda siap membantu kegiatan sosial lain dengan menggunakan media sosial untuk mengajak seluruh masyarakat, terutama generasi muda, untuk peduli terhadap makhluk hidup. Tidak hanya itu, ia juga akan menggunakan tenaganya untuk membantu membersihkan lingkungan tempat tinggal satwa.

“Pesan saya terhadap seluruh masyarakat, lebih pedulilah terhadap lingkungan sekitar dan pedulilah terhadap satwa karena satwa merupakan bagian dari ekosistem yang ada di bumi. Jika satwa punah, maka ekosistem yang ada di bumi juga akan punah atau rusak. Cara kita untuk menjaga ekosistem yang di bumi tetap terjaga adalah dengan menjaga habitat dari mereka untuk tetap terjaga dan tidak rusak,” harap Hilda.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dara Sabella. Saat menjadi volunteer, ia tidak hanya membersihkan rumput maupun membersi makan hewan di Medan Zoo, tetapi juga memberikan sedikit donasi untuk hewan dan karyawan Medan Zoo.

“Kondisi Medan Zoo sekarang sangat memprihatinkan, banyak kendang yang sudah tidak layak dipakai dan Medan Zoo sudah seperti hutan karena rumput yang sangat banyak tidak diurus. Saya berharap kandang-kandangnya, lingkungan Medan Zoo, jalan di dalam Medan Zoo, bahkan hewannya sangat perlu diperhatikan lagi,” ucap Dara.

Dara mengatakan, ia siap membantu kegiatan sosial secara langsung, seperti yang ia lakukan di Medan Zoo.

“Menurut saya, cara kita meningkatkan kepedulian terhadap Medan Zoo, dimulai dari kemarin acara Zoomantara. Membantu membersihkan dan berdonasi seikhlasnya. Setelah itu, bukan hanya di kegiatan itu saja, mungkin next time kita ada waktu bisa main ke Medan Zoo untuk sekadar memberikan makan kepada satwanya,” kata Dara.

Dara berharap, masyarakat lebih meningkatkan rasa kepeduliannya terhadap hewan-hewan yang ada di Medan Zoo.

“Mungkin Medan Zoo sudah mulai sangat sepi dan bahkan akan ditutup pemerintah, tapi satwa yang ada di Medan Zoo tetap pantas hidup dan mendapatkan makanan dengan layak,” ujar Dara.

Seperti diketahui, belakangan ini, Medan Zoo menjadi sorotan karena kondisinya yang memburuk termasuk para satwanya. Selain hewan-hewan yang sudah tidak banyak lagi, bahkan ada satwa yang mati, fasilitas maupun kandang untuk para satwa juga dianggap tidak layak. Krisis finansial berakibat terjadi utang pakan hewan maupun tunggakan gaji karyawan diduga menjadi penyebab kondisi Mendan Zoo memprihatinkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *