AccommodationBusinessLifestyleTourism

Hotel Kapsul Mulai Jadi Trend Penginapan Berkonsep Modern di Mojokerto

Hotel kapsul mulai menjadi tren di Jawa Timur. Setelah di Surabaya, kini hotel dengan konsep serupa juga bisa dinikmati di Mojokerto. Hotel kapsul itu bisa ditemui di lokasi wisata Trawas Mojokerto yang terletak di Desa Belik, Kecamatan Trawas. Salah satu gedung di hotel ini dibuat khusus untuk kamar kapsul.

“Kami sediakan 100 unit capsul room (kamar kapsul), kami pisahkan menjadi dua bagian untuk tamu pria dan wanita agar para tamu lebih nyaman,” kata General Manajer Hotel Grand Whiz Danny Budiman di Hotel kapsul, Rabu (15/11).

Sesuai dengan namanya, kamar-kamar di hotel ini berukuran mini. Setiap kapsul mempunyai kabin sepanjang 2 meter, lebar 1,4 meter dan tinggi 1,2 meter sehingga hanya cukup untuk satu orang.

Namun jangan salah, meski berukuran mini setiap kapsul dilengkapi sejumlah fasilitas. Setiap tamu diberi sebuah kartu yang berfungsi sebagai kunci untuk membuka loker, pitu kapsul dan menyalakan lampu kabin.

Di dalam kabin kapsul sendiri tersedia TV LED 17 inchi, headphone untuk mendengarkan lagu, tombol pengatur suhu ruangan, tombol pengatur cahaya kabin, jam digital, colokan untuk isi daya ponsel, meja baca, lampu baca, deposit boks, hingga alat pemadam kebakaran dan tombol emergency untuk kondisi darurat.

“Untuk nonton TV dan mendengarkan musik, kami sediakan headphone agar tak bising dan mengganggu tamu lain. Sementara tempat tidur kami buat sendiri sangat nyaman, juga wifi sangat kencang,” ujar Danny.

Ide pembuatan hotel kapsul ini, lanjut Danny, mengadopsi konsep penginapan serupa yang sedang tren di Jepang. Pihaknya ingin menyasar segmen pelajar, mahasiswa dan pebisnis yang tak butuh kamar luas untuk sekadar melepas lelah.

“Kami melihat konsep kapsul di Indonesia dari tirai, buatan sendiri. Ini kapsulnya kami impor dari China,” ungkapnya.

Harga sewa kamar kapsul ini cukup terjangkau. Pihak manajemen mematok tarif Rp 250 ribu/malam. Itu sudah termasuk jatah sarapan.

“Harga kamar reguler kami Rp 550 ribu hingga Rp 1,3 juta, kalau di kamar kapsul ini hanya Rp 250 ribu per malam,” terangnya.

Selain kamar kapsul, para tamu hotel juga disuguhi fasilitas kamar mandi yang cukup mewah. Kamar mandi shower air dingin dan hangat berada di ruangan terpisah yang dilengkapi dengan wastafel dan closet duduk.

Sementara tempat bersantai berada di teras dengan konsep lesehan. Para tamu bisa menikmati sejuknya udara di lereng Gunung Penanggungan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button