TourismTransportation

INACA Nilai Keputusan Arab Saudi Hentikan Umroh Sudah Tepat

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja  menilai baik langkah kebijakan Kerajaan Arab Saudi membatasi orang yang masuk, demi menekan penyebaran Virus Corona COVID-19 di Arab Saudi.

“Jadi kalau kebijakan kerajaan Saudi Arabia, seperti apa bisa dilakukan pemerintah, asosiasi, berbicara dengan pihak kerajaan, bahwa apa yang sudah dilakukan maskapai untuk pengunjung umroh ini, bukan dari negara yang terdampak dari corona,” kata Denon usai menjadi narasumber dalam diskusi pariwisata yang digelar MarkPlus Tourism di Menara 88, Jalan Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020).

Menurutnya, pemerintah Indonesia tidak bisa melakukan apa-apa untuk saat ini, karena itu semua adalah kebijakan kerajaan Arab Saudi lah yang mampu menentukan.

Selain itu, dia menilai dampak dari virus corona ini bukan hanya menyerang pada diberhentikannya sektor penerbangan saja, melainkan hal itu bermula karena menyerang aspek psikologis wisatawan mancanegara (wisman) dan turis domestik itu sendiri.

“Saya melihat dampak virus corona itu psikologisnya, kalau dari kita asosiasi melihat sepinya pengunjung wisman maupun domestik turis ini, ya kita minta peran dari pemerintah termasuk Kementerian Kesehatan, untuk bisa melakukan sosialisasi,” ujarnya.

Menurutnya, sosialisasi itu berguna untuk membantu agar turis domestik maupun wisma, tidak takut untuk melakukan perjalanan ke luar maupun ke dalam negeri, supaya efek psikologis dari corona ini tidak berkepanjangan.

Sebagai informasi, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, melalui rilis, melarang sementara warga negara asing yang ingin masuk ke negaranya dalam rangka ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.

Selain berhenti mengeluarkan visa umrah, Pemerintah Arab Saudi juga menyetop pemberian visa wisata bagi wisatawan asing yang berasal dari negara-negara yang memiliki kasus Virus Corona.

Pemerintah Arab Saudi juga akan menghentikan lalu lintas keluar masuk warga negara anggota Dewan Kerja Sama Negara Teluk Arab (GCC) ke wilayahnya dengan menggunakan kartu penduduk serta meminta warganya untuk tidak berpergian sementara waktu ke negara-negara terpapar Covid-19.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close