CultureDestinationHeadline News

Indonesia Akan Boyong Archa Ganesha ke Pameran Archipel di Eropa

 

Arca Ganesha dari Candi Banon, Magelang, Jawa Tengah akan diterbangkan ke Eropa untuk mengikuti seni budaya bergengsi di Eropa yakni Europalia 2017, yang berlangsung 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018. Arca ini akan ditampilkan pada pameran Archipel yang memperlihatkan budaya maritim Indonesia.

Anggota tim ahli maritim untuk Europalia, Singgih Trisulistiono mengatakan archa ini sangat diminati oleh masyarakat eropa.

“Arca Ganesha ini salah satu benda yang sangat diinginkan oleh Europalia Internasional untuk dipamerkan di sana. Kita akan membawa arca aslinya ke sana,” kata Singgih , Jakarta, Selasa, 11 Januari 2017.

Menurut Singgih,  Archa Ganesha  ini merupakan salah satu saksi bisu adanya  pertukaran seni budaya Indonesia  dengan budaya lain yakni india.   “Arca ini menggambarkan bahwa orang Indonesia sudah terbuka dengan dunia luar sejak dulu,” kata Singgih.
Arca tersebut nantinya  akan ditampilkan pada pameran Archipel yang memperlihatkan budaya maritim Indonesia. Pameran Archipel menjadi salah satu tajuk utama dalam pameran yang akan digelar di Belgia dan beberapa negara Eropa tersebut.

Selain itu ditampilkannya archa Ganesha dalam pameran ini membuktikan bahwa  budaya maritim Indonesia telah terbangun dari beribu tahun sebelum masehi.Benda-benda yang dipamerkan juga dibagi dalam empat periode, seperti periode kuno, periode pramodern, periode awal modern dan periode modern.

Selain memamerkan arca, Indonesia juga akan memamerkan replika perahu nusantara, peralatan perunggu, patung dan lainnya.

Pada perhelatan itu Indonesia sebagai negara tamu akan membawa 400 seniman terbaik mulai dari seni lukis, musik, instalasi, film, tari dan lainnya untuk mengangkat keberagaman seni dan budaya Indonesia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button