DestinationTourism

Ingin Mencontoh Cheonggyecheon, Denpasar Percantik Sungai Badung

Denpasar sepertinya tak mau ketinggalan dengan kota-kota besar lainnya di dunia. Salah satu upayanya adalah menghadirkan konsep sungai yang menyerupai destinasi wisata sungai di Cheonggyecheon, Seoul, Korsel.

Sebagaimana terlihat di Tukad (sungai) Badung, Jl Gadjah Mada, Denpasar, Bali, Senin (20/11) pagi, jalan setapak di kiri dan kanan sungai itu tengah dipercantik dengan berbagai ornamen bebatuan. Sejumlah pohon palem telah ditanam dan beberapa pekerja tampak sibuk memperkuat turap.

Jalan setapak itu memiliki lebar sekira 2-3 meter dengan panjang 120 meter. Uniknya, tepi sungai itu dipercantik bukan di tengah lokasi elit, melainkan di antara dua pasar tradisional yakni Pasar Badung dan Pasar Seni Kumbasari.

Seolah proyek ini dilaksanakan untuk menghilangkan kesan kurang ‘kekinian’ dari sebuah pusat niaga tradisional. Walau begitu, banyak warga di Denpasar yang berharap hasil proyek ini tidak kalah dengan Cheonggyecheon di Korsel.

“Kalau ditambah lampu-lampu dan aneka lampion yang melintangi sungai pasti nggak kalah sama yang di Korea Selatan. Jadi ini sepertinya juga usaha Pemkot Denpasar supaya anak muda nongkrong nggak jauh dari pasar, jangan mall terus,” kata salah satu warga bernama Komang Sri di lokasi

Sementara itu, informasi yang dihimpun menyebutkan proyek penataan tepi sungai ini dimulai pada Juli 2017 lalu dengan anggaran sebesar Rp 5 miliar. Pemkot Denpasar menargetkan proyek ini selesai pada Desember 2017 nanti

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button