BusinessCultureLifestyle

Inilah 4 Hal yang Bisa Membuat Karyawan Menonjol

Dalam dunia kerja, seorang karyawan akan dipandang baik jika ia menonjol di antara rekan kerja lainnya. Untuk menjadi karyawan yang menonjol, salah satu caranya adalah dengan menunjukan eksistensi diri dan potensi yang kita miliki semaksimal mungkin. Namun terkadang kita sulit menonjolkan diri karena adanya persaingan baik yang sehat maupun tidak .

Berikut adalah daftar tips yang telah kami rangkum agar bisa menonjol sebagai karyawan dikantor :

1. Manajemen Waktu

Sebagai karyawan kita dituntut untuk bisa membuat skala prioritas, sehingga manajemen waktu itu penting. Kita tak bisa lagi bersantai karena setumpuk pekerjaan akan selalu menanti. Dengan pekerjaan yang datang silih berganti, Anda harus pintar dalam memilih pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Jika Anda termasuk orang yang cenderung suka menunda pekerjaan, maka mulailah untuk merubah hal ini.

Anda bisa mulai untuk membuat daftar pekerjaan berdasarkan deadline sesuai instruksi atasan, lalu cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai urutan prioritas yang telah Anda buat. Dengan cara ini Anda telah menunjukan bahwa perusahaan tidak salah memilih Anda.

2. Beradaptasi dengan Lingkungan dan Budaya Tempat Kerja

Setiap perusahaan tentu memiliki etos kerja dan culture tersendiri. Hal ini penting untuk kita pelajari sebagai karyawan. Seperti rumah yang kita tinggali, dimana kita harus mengetahui lingkungannya, seluk-beluk dan juga berkomunikasi dengan  orang-orang yang tinggal didalamnya. Begitu pun dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Seperti perusahaan e-commerce yang memiliki culture perusahaan yang cenderung lebih fun dan dinamis.

Mulailah untuk mempelajari situasi budaya kerjanya seperti cara mereka bekerja, berinteraksi dan berkomunikasi sesama rekan kerja. Perbanyaklah bertanya, karena dengan bertanya artinya Anda telah selangkah membangun komunikasi dengan rekan-rekan kerja.

3. Tunjukan Performa yang Baik

Performa yang baik tentunya ditunjukan dengan kinerja yang baik. Namun selain tentang pekerjaan, hal-hal yang berhubungan dengan disiplin juga akan menaikkan performa lho. Contoh kecilnya dengan datang tepat waktu, mengikuti instruksi atasan adalah contoh lain yang bisa Anda coba.

Mulailah hari Anda dengan datang ke kantor lebih awal dan lakukan yang terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan Anda. Walupun terlihat sepele namun atasan Anda pasti akan terkesan. Jadi tak perlu banyak bicara hingga terkesan ‘menjilat’ kepada atasan, karena cukup dengan menunjukan performa dan komitmen yang baik, Anda akan diperhitungkan dan menonjol di mata Atasan.

4. Networking

Di era millennial sekarang ini, networking merupakan hal yang harus dimiliki. Hal yang harus disadari, networking yang baik  sangat dibutuhkan dalam urusan pekerjaan. Anda bisa mulai memperluas networking yang Anda miliki dengan cara mulai mempeluas pertemanan Anda.

Mungkin saja akan ada momen dimana Anda harus mengikuti meeting dengan client dan suprisingly si client adalah teman Anda. Tentu ituadalah  sesuatu yang menguntungkan karena Atasan akan melihat Anda sebagai karyawan yang potensial. Contoh lain nya adalah semisal Anda bekerja sebagai karyawan dalam divisi sales. Maka, networking yang baik dapat membantu Anda untuk mendapatkan target yang telah ditentukan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button