BusinessE-CommerceInvestmentTechnology

Inilah Alasannya Alibaba Tak Mau Buka Cabang di Indonesia

Sebagai perusahaan e-commerce, nama Alibaba sudah cukup mendunia. Namun mereka enggan buka cabang di Indonesia yang memiliki potensi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Kenapa?

“Kita tidak ingin membangun Alibaba baru di Indonesia,” ujar Vice President Alibaba Group Brian Wong di acara Alibaba Global Course, Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, pada Selasa (5/12).

Alasannya karena Alibaba sudah memiliki kepanjangan tangannya di Indonesia, yaitu melalui Lazada Indonesia dan Tokopedia.

Seperti diketahui, Alibaba telah membeli saham Lazada Group sebesar USD 1 miliar pada 2016 dan Juni 2017 Alibaba menambah suntikan modal ke Lazada Group dengan nilai serupa. Tak berselang kemudian di Agustus 2017, e-commerce lokal Indonesia, yaitu Tokopedia mengumumkan telah berhasil menggaet investasi Alibaba mencapai USD 1 miliar.

Brian menjelaskan pihaknya lebih memilih menggerakkan e-commerce lokal melalui berbagi pengalaman ketimbang harus membangun Alibaba baru di Indonesia.

“Misi Alibaba ini untuk memberikan pengalaman yang sudah dijalani selama 18 tahun, khususnya dengan fokus kepada UKM,” sebut Brian.

Seiring perkembangan teknologi dan ekonomi, Alibaba memandang bahwa SDM juga perlu didekati untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan ekosistem itu sendiri. Sebab, para pelaku UKM ini masih yang belum mengetahui manfaat dari teknologi untuk meningkatkan usahanya.

“Alibaba ingin memberikan kemudahan bisnis dimana saja. Banyak pelaku UKM yang merasa asing dengan teknologi. Jadi, kita datang untuk membantu bagaimana teknologi bisa memberikan akses yang luas bagi UKM,” tuturnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button