Tourism

Jaga Pariwisata, Quality dan Quantity Tourist Harus Berimbang

Chairman of MarkPlus Tourism  Hermawan Kartajaya angkat bicara terkait Quantity Tourist yang kini sedang dikembangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pakar marketing ini, menilai tidak salah jika Pemerintah memfokuskan pengembangan di bidang tersebut, namun untuk  quantity tourist juga tidak boleh dilupakan.

Hermawan mencontohkan seperti Bali yang memiliki destinasi untuk quality maupun quantity tourist. Jika quantity tidak diperhatikan maka Bali akan kehilangan banyak jumlah turis yang datang.

“Di Bali juga terjadi semacam ketakutan kalau quantity terlalu banyak, daya tampungnya ga bisa nanti malah rusak semua. Tapi sekarang bingung ketika kena Corona turis China tidak datang. Ke mana ini yang quantity. Pusing juga, jadi kesimpulannya quantity dan quality mesti seimbang,” kata Hermawan saat ditemui di sela-sela forum diskusi yang diselenggarakan MarkPlus Tourism di  Philip Kotler Theater Class, MarkPlus Main Campus, Jalan Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020).

Hermawan menyarankan Pemerintah untuk membentuk zonasi  untuk destinasi yang dapat disinggahi  quality dan quantity tourist. Hal ini dapat menjadi solusi agar kedua-duanya dapat dijaga guna  mendongkrak devisa negara.

“Indonesia itu perlu zonasi. Zonasi mana yang sudah siap jadi quality touris dan mana yang quantity. Jadi tidak bisa semua dijadiin Quality tourism nanti justru tidak dapat duanya baikt quality maupun quantity, terutama masyakatnya. Hospitality-nya sudah berkualitas ga, kalau mau menjadi quality tourism,” ujar Hermawan.

Hermawan melihat Borobudur dan Nusa Tenggara Timur dapat dijadikan destinasi untuk turis-turis yang berkualitas. Karena destinasi ini, berpotensi dan memiliki syarat sebagai destinasi berkualitas.

“Borobudor itu kan bisa diarahkan ke quantity, tidak semua yang datang itu kan berkualitas tetapi diarahkan ke quantity, nanti kalau banyak-banyak bisa rusak situsnya,” ungkap Hermawan

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close