Healthy LifeSports

Jalan Sehat Meriahkan Harkonas ke-6 di Pangkalpinang

Mengawali rangkaian kegiatan peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) ke-6 tahun 2018, Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar acara ‘Jalan Sehat 4 km’. Sebanyak 1.000 peserta dilepas Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah hari ini, Minggu (22/4) di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Jalan Batin Tikal, Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara jalan sehat ini merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan perayaan Harkonas 2018. Jalan sehat mengambil rute Alun-alun Taman Merdeka (ATM) –Jl. Merdeka–Jl. Jend. Sudirman–Jl. Stania–Jl. Ahmad Yani–Jl. Kenanga–Jl. Masjid Jamik–Jl. Jend. Sudirman dengan jarak tempuh 4 km.

“Jalan sehat ini diikuti berbagai kalangan, mulai dari perangkat daerah Provinsi Babel, pelajar, mahasiswa, pelaku usaha, hingga masyarakat kota Pangkal Pinang dan sekitarnya, serta keluarga besar Kemendag. Provinsi Bangka Belitung dipilih sebagai tempat penyelenggaraan puncak peringatan Harkonas karena pada tahun 2016 dinobatkan sebagai salah satu Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen,” ungkap Abdul Fatah.

Sejumlah kegiatan akan dilakukan, seperti seminar, bincang-bincang, dan pameran multiproduk. Selain itu, berbagai kompetisi juga akan digelar seperti kompetisi menulis blog, video clip, dan vlog. Peringatan Harkonas ini melibatkan Pemerintah Daerah baik tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota; para pelaku usaha; serta asosiasi.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubugan Antar Lembaga, Kementerian Perdagangan, Suhanto mengutarakan harapannya agar kegiatan ini dapat menggugah masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas.

“Jalan sehat bareng dalam peringatan Harkonas ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas yang sanggup memperjuangkan hak dan kewajibannya seperti yang telah dijamin Pemerintah dalam Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,” ujarnya.

Suhanto juga menyampaikan pesar untuk menjadi konsumen cerdas. “Teliti sebelum membeli, cek label dan tanggal kedaluwarsa, cek tanda SNI untuk barang yang telah diwajibkan SNI, beli sesuai kebutuhan, dan yang tak kalah penting adalah selalu menggunakan produk buatan dalam negeri,” tandasnya.

Puncak perayaan Harkonas akan diselenggarakan pada 24 April 2018 di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button