Lifestyle

Jamu tradisional, cara cantik secara alami

rempah

Indonesia memang kaya akan rempah-rempah khas dan rempah-rempah yang digunakan untuk kecantikan sudah ada sejak zaman dahulu yang sering digunakan oleh para putri keraton, namun kini tidak hanya putri keraton yang dapat menggunakanya untuk kecantikan, Anda pun dapat menggunakannya untuk menjaga kecantikan dan merawat tubuh Anda. Sejak zaman dulu, perempuan Indonesia dikenal memiliki ritual kecantikan dengan menyertakan aneka rempah yang menjadi kekayaan budaya. Lupakan sejenak teknologi canggih dan obat-obatan kimia yang serba instan. Mari rasakan sensasi ramuan kecantikan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Lulur Kuning mengandung bahan dasar pandan wangi, sari tepung beras, kunyit, dan temu giring. Lulur kuning berasal dari Pulau jawa dan biasa digunakan sebagai perawatan untuk mempertahankan kehalusan dan kecantikan kulit. Lulur kuning bermanfaat untuk membersihkan badan dari kotoran-kotoran serta mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh sehingga kulit terlihat bersih. Selain itu lulur juga menghaluskan, menyegarkan, dan melembutkan kulit serta membuat aroma tubuh wangi alami. Campur bahan dasar dan rempah-rempah, seperti tepung beras, kunyit, temugiring, pandan, hingga halus. Setelah itu, balurkan ke seluruh bagian tubuh sambil digosok-gosokkan. Diamkan selama 30 menit hingga lulur kuning meresap ke seluruh kulit, lalu bilas menggunakan air hangat.

Batimung merupakan mandi uap khas kalimantan selatan, yang merupakan tradisi untuk para perempuan yang akan melangsungkan pernikahan, sebelumnya mandi uap terlebih dahulu. Fungsi dari betimun antara lain menghilangkan bau badan, mendetoksifikasi tubuh, kulit halus tahan lama, dan kulit segar nan cerah. Sebelum melakukan batimung atau mandi uap, terlebih dahulu lakukan lulur dari bedak wadak yang sering juga disebut sebagai mangir wangi. Mangir wangi terbuat dari beras kencur ditambah dengan bahan alami lainnya yang mengandung wangi-wangian. Lalu, calon pengantin atau yang akan melakukan proses batimung diselimuti kain tebal. Bahan campuran seperti beras, kencur, kayu manis, limau, pandan, akar wangi, dan daun jeruk direbus, lalu uapnya diurapkan ke seluruh tubuh yang berselimut kain hingga uap ramuan habis.

Masih ada juga nih resep untuk anda tampil cantik adalah dengan menggunakan kunyit. Anda cukup menyediakan kunyit dan setelah itu Anda bisa menumbuk kunyit tersebut. Gunakan hasil tumbukan kunyit itu tadi untuk membuat masker pada wajah Kita. Dengan menggunakan ramuan ini maka wajah Anda akan terlihat lebih bersih dan maksimal. Banyak orang yang sudah menggunakan ramuan ini. Bahkan sekarang ini kunyit menjadi salah satu bahan yang umum digunakan pada produk kecantikan. Akan lebih baik jika Anda juga mengkonsumsi minuman yang terbuat dari kunyit. Dengan mengkonsumsi minuman tersebut akan membuat Anda cantik dari dalam.

Ramuan bedak dingin sudah tidak asing lagi di Indonesia. Perawatan kecantikan turun-temurun ini berbeda-beda di tiap daerah. Ada yang menggunakan tepung gandum, ada juga tepung beras yang dicampur air mawar, atau campuran bengkuang. Sejak dulu, bedak dingin biasa digunakan oleh wanita yang telah memasuki akil balik untuk mempertahankan kecantikan, menutrisi, dan menjaga kebersihan kulit wajah. Proses pembuatan yang mudah menjadikan bedak dingin digunakan sebagai perawatan harian. Cara pembuatannya, rendam beras selama dua minggu, kemudian beras ditumbuk dan dihaluskan menjadi bubuk. Setelah itu dicampur sedikit air mawar lalu dibuat bulatan-bulatan kecil. Bila ingin digunakan, bulatan-bulatan bedak dingin ini harus dicairkan menggunakan air mawar. Lalu balurkan ke wajah. Untuk menghaluskan kulit, tambahkan tumbukan kunyit. Keep beauty ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button