Julia Jeckline Berharap Festival Danau Sentani dapat Promosikan Pariwisata dan Budaya di Sentani

0

Putri Pariwisata Indonesia Persahabatan 2023 Julia Jeckline Yaroseray menghadiri acara penutupan Festival Danau Sentani bertajuk ‘Isosolo is Our Culture’ di Danau Sentani, Jayapura, Papua, Minggu (23/6/2024).

Julia mengatakan, selama festival berlangsung terdapat banyak kegiatan, seperti lomba tari, pemilihan Putra Putri Festival Danau Sentani, pameran tarian dari setiap kampung yang ada di Sentani, termasuk tari Isosolo. Selain itu, juga ada pameran reptil, pameran anjing, dan masih banyak lagi.

“Perasaan saya senang sekali datang sebagai Putri Pariwisata Indonesia Persahabatan 2023 di tengah-tengah masyarakat, serta terlibat dalam proses penutupan acara festival budaya. Ini sangat menyenangkan,” ucapnya.

Julia menjelaskan, antusias masyarakat yang hadir sangat besar untuk memeriahkan Festival Danau Sentani. Terlebih, yang datang tidak hanya dari Jayapura, tetapi juga banyak turis mancanegara yang hadir.

“Antusias masyarakat sangat bagus, tidak hanya orang asli Papua saja yang hadir dalam FDS ini, tetapi semua suku dan beragam orang dari berbagai suku ada. Mereka datang dan punya antusiasme yang tinggi,” katanya.

Selain mengadakan Festival Danau Sentani, ada berbagai cara yang dilakukan untuk mendorong pariwisata di Sentani, salah satunya mengajak generasi muda untuk aktif dan berkreatif.

Putri binaan Yayasan El John Indonesia ini berharap, Festival Danau Sentani dapat terus diadakan agar dapat mempromosikan pariwisata dan budaya di Sentani.

“Bukan saja lewat mulut, tetapi melalui platform media sosial supaya mata dunia tahu bahwa orang Papua juga punya adat yang terus dilestarikan dari tahun ke tahun melalui festival budaya,” katanya.

“Dengan adanya festival ini, masyarakat yang punya adat dan budaya khususnya orang Papua dan juga non Papua, mari kita sama-sama lestarikan adat dan budaya kita karena adat dan budaya kita itulah jadi diri kita,” sambungnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *