Transportation

KAI Bandara Siapkan 551.936 Kursi Selama Libur Lebaran 2024

KAI Bandara menyiapkan 551.936 kursi di seluruh rangkaian KAI Bandara untuk para pemudik yang akan pulang kampung pada masa libur lebaran 2024.

Di Yogyakarta sendiri, KAI Bandara melayani perjalanan KA Bandara dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Bandara YIA, Kulonprogo PP (Pergi Pulang). Terdapat 18 perjalanan KA Bandara YIA Xpress dan 24 perjalanan KA Bandara YIA ekonomi.

KAI Bandara menyediakan tempat duduk yang tersedia mulai 31 Maret-21 April dengan total 229.152 bangku, di mana YIA Xpress sebanyak 79.200 bangku dan KA Bandara YIA ekonomi sebanyak 149.952 bangku.

Sedangkan di Medan, KAI Bandara melayani 24 perjalanan KA Bandara Kualanamu dan 20 perjalanan KA Srilelawangsa. Jumlah kursi yang disediakan sebanyak 322.784 selama angkutan Lebaran 2024. Jumlah ini meningkat dibandingkan ketersediaan kursi angkutan lebaran tahun lalu sebanyak 302.016 dari 12 April-5 Mei 2023. 

“Peningkatan pada tahun ini terjadi akibat bertambahnya jumlah penumpang KA Srilelawangsa rute Medan-Binjai, penambahan kapasitas penumpang KA Kualanamu, dan bertambahnya kapasitas KA Bandara YIA Xpress,” ucap Corporate Communications PT Railink Sosiawan Surbakti.

Sementara itu, KAI Bandara juga telah melaksanakan kesiapan dengan pemeriksaan sarana, prasarana, hingga pemeriksaan Standar Pelayanan Minimun (SPM).

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan juga telah melaksanakan Ramcheck atau Inspeksi Kelengkapan standar pelayanan minimum (SPM) menjelang angkutan lebaran tahun 2024.

KAI Bandara telah menyiapkan sarana yang andal dan cadangan sarana siap operasi dan juga berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia untuk kondisi dari Prasarana dari Perkeretaapian.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button