Lifestyle

Kapan ya waktu kadaluarsa teh ?

teh

Enakanya kalau hujan-hujan ataupun di sore hari minum sebuah teh dan ditemanin dengan beberapa teman untuk berbincang. Nah buat kamu semua sebelum menyeduh teh, sudah tahu belum kapan teh tersebut dikatakan tidak baik untuk diminum. Ketika kamu membeli teh pasti akan memperhatikan tanggal kadaluarsanya yang berada pada bagian kotak packagingya bukan. Sudah pasti anda akan berhati-hati dalam makanan yang anda santap, namun menurut Ketua Bidang Promosi Dewan Teh Indonesia, Ratna Sumantri mengatakan kalau teh dapat disimpan selama 1 tahun dalam suatu wadah yang rapat. Beliau juga mengatakan kalau teh itu akan tetap enak kalau kita memperhatikan bagaimana cara menyimpannya.

Bu Ratna juga memberikan beberapa tips dalam menyimpan teh agar tetap enak di minum :

Pertama kita harus memastikan kalau wadah yang kita gunakan untuk menyimpan harus tertutup rapat. Loh emangnya kenapa kalau tidak tertutup rapat ?. Hal ini dapat menyebabkan aroma yuang dikeluarkan dari teh tersebut akan keluar dan menyebabkan pada saat kita menyeduh tersebut aroma akan menghilang. Sebenarnya packaging yang digunakan pda pabrikan tersebut sudah memperhitungkan agar aromanya tidak keluar, oleh karena itu untuk membuat arma dari teh tetap terjaga alangkah baiknya dapt disimpan juga bersama dengan kotaknya. Selain itu fungsi dari wadah yang tertutup rapat bagi yaitu dapat menghindarkan teh dari teroksidasi atau bereaksi dengan bahan yang ada disekitarnya.

Selanjutnya anda dapat menghindarkan teh tersbut dari paparan sinar matahari, karena dalam ditakutkan teh yang antinya akan kita minum sudah tidak enak lagi karena bereaksi secara langsung dengan sinar matahari. Jadi disarankan untuk wadahnya tidak transparan dan penyimpanannya juga harus dipastikan kering. Jiak tempat penyimpanannya lembab akan membuat daun tehnya lebih cepat berjamur. Oleh karena itu dalam menyimpan teh kita dianjurkan ke tempat yang kering. Terakhir anda harus menghindarkan teh dari barang-barang yang baunya menyengat, agar tidak menghilangkan aroma alami dari teh tersebut. Jadi itu beberapa tips yang disampaikan ibu Ratna tentang cara penyimpanan teh agar enak diminum dan memilki daya tahan yang lama. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button