Headline NewsHealthy Life

Kasus DBD di Jakarta Barat 153 Kasus, Tertinggi Ada di Kalideres

Sudin Kesehatan Jakarta Barat mencatat kasus deman berdarah dengue ( DBD) di Jakarta Barat  mencapai 153 kasus. Jumlah kasus tersebut didata dari tanggal 1-27 Januari 2019. Dari jumlah itu kasus DBD tertinggi ada di wilayah Kalideres  yakni mencapai 67 kasus, disusul Cengkareng dengan 42 kasus, 18 kasus di Kembangan, 9 kasus Palmerah, 9 kasus Grogol Petamburan, 5 kasus di Tambora, dan 1 kasus di Tamansari.

“Saat ini kita memantau beberapa tempat-tempat yang angka DBD-nya tinggi seperti Kalideres, (dan) Cengkareng, itu yang perlu konsen karena cenderung lebih tinggi,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Nita, Selasa (29/1/2019).

Nita mengatakan kini kasus DBD di Kalideres sudah tertangani”Di Jakarta Barat, Kalideres ada (korban DBD) tapi sudah kita tanggulangi, dan pasiennya juga sudah sembuh, bahwa wilayahnya juga sudah kita sambangi,” ujarnya.

Angka ini meningkat dan terjadi perubahan dibanding data catatan Januari 2018 dengan kasus 62 penderita DBD. Pada tahun sebelumnya, urutan kasus DBD posisi teratas dipegang oleh Cengkareng (18 kasus), selanjutnya Kalideres (3 kasus), Grogol Petamburan (14 kasus), Palmerah (6 kasus), Tamansari (1 kasus), Tambora (0 kasus), Kebon Jeruk (11 kasus), dan Kembangan (9 kasus). Ia mengatakan faktor yang menjadi penyebab terjadinya DBD adalah tempat timbulnya nyamuk.

Menurutnya, nyamuk cenderung memilih air bersih yang berada di botol air mineral dan genangan penampungan air.

“Untuk itu kita selalu imbau bahwa DBD ini adalah penyakit yang bersumber dari lingkungan, untuk itu kita harus menanggulangi bersama-sama,” terangnya. Nita menjabarkan, hingga saat ini Pemkot Jakarta Barat telah melakukan berbagai program.

Adapun diantaranya yaitu pembentukan jumantik setiap rumah, gerebek pemberantasan sarang nyamuk (PSN) mulai dari tingkat lurah hinga puskesmas setiap Jumat. Ada pula vaksidasi atau penaburan serbuk abate di sejumlah tempat penampungan air yang sulit dikuras. (Sumber Kompas)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close