SportsTourism

Keeksotisan Hutan tropis Kalimantan Barat siap di jelajahi

bukit kelam

Hutan-hutan tropis yang lebat di Kalimantan tidak pernah lelah untuk menawarkan keindahan alaminya. Terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, cagar alam Bukit Sintang Kelam seluas 520 hektar. Inilah harta bumi berupa eksotis dengan segala keragaman ekosistem yang unik. Pemandangan yang memukau mata dan udara segar membuat hutan ini sanggup menawan rasa kekaguman. Keajaibannya tersembunyi menunggu Anda yang berani masuk ke dalam keheningan cagar alam ini. Kabupaten Sintang berjarak sekitar 395 km sebelah timur Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat. Dari Pontianak Anda dapat menggunakan pesawat lokal, taksi, bus travel, bus umum atau mobil sewaan. Dari pusat kota Sintang, Cagar Alam Bukit Kelam sekitar 19 km ke arah timur. Jalan-jalan beraspal relatif aman sehingga bisa dijangkau dengan bis atau mobil dengan mudah selama sekitar 30-35 menit.

Cara terbaik untuk tinggal di Cagar Alma Bukit Kelam Sintang adalah dengan mendirikan tenda di lokasi kemping yang tersedia. Di sana Anda dapat merasakan pengalaman bagaimana rasanya menyatu dengan alam, meninggalkan semua kehidupan kota di belakang damainya sasana hutan. Ada berbagai jenis flora langka yang dapat Anda temukan di sini, seperti meranti (Shorea sp), bangeris (Koompassia sp), tengkawang (Dipterocarpus sp), kebas-kebas (Prodocarpus ceae) dan berbagai jenis anggrek. flora dataran tinggi ini adalah pitcher merah (Nephentes alata) yang merupakan endemi daerah tersebut. Cagar alam ini juga adalah rumah bagi hewan langka dan berbagai keunikan lainya seperti beruang madu (Mayalanus heralctus), Armadillo (Manis javanica), kelelawar (Hiropteraphilie) dan berbagai jenis burung.

Cagar Alam Bukit Kelam Sintang menawarkan kegiatan lengkap untuk menikmati kemegahannya yang menawan. Hiking melalui jalur menantang dan menemukan yang bersembunyi di balik semak-semak dan Anda juga bisa berkenalan dengan beberapa penduduk setempat. Untuk petualangan lebih berani, saat sampai ke sisi bukit maka mulailah mendaki. Di atas bukit, Anda juga dapat merasakan paralayang yang mendebarkan jantung sambil bermain angin di ketinggian.

Mendaki ke puncak bukit Sintang adalah petualangan mendebarkan di mana Anda harus melalui tangga batu setinggi 90 meter dan tebing curam. Di puncak bukit ada gua-gua alam yang eksotik dan magis siap menanti Anda. Gua-gua ini juga merupakan rumah dan sarang burung walet. Dari puncak bukit, Anda dapat memandangi keindahan hutan hujan yang membentang luas, lihatlah bagaimana indahnya Sungai Kapuas dan Sungai Melawi dari kejauhan. Cagar alam kubit Kelam Sintang ini mencapai ketinggian hingga 900 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan antara 15-40 derajat, menjadikannya tempat yang sempurna untuk paragliding dan panjat tebing.

Cagar alam ini juga menyediakan tantangan bagi mereka yang menyukai hiking dan trekking. Cara terbaik untuk tinggal di Cagar Alma Bukit Kelam Sintang adalah dengan mendirikan tenda di lokasi kemping yang tersedia. Di sana Anda dapat merasakan pengalaman bagaimana rasanya menyatu dengan alam, meninggalkan semua kehidupan kota di belakang damainya sasana hutan.

Ada banyak restoran dan warung makan yang dapat Anda temukan di Cagar Alam Bukit Kelam Sintang. Umumnya menyajikan makanan khas Indonesia, di antaranya masakan Padang dan Sintang juga Kalimantan mudah ditemukan di seluruh wilayah Sintang. Bagaimana, anda sudah merasa tertantang akan menjelajahi hutan tropis di Bukit Kelam. Silahkan langsung saja mendatangi Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat dan saksikan langsung keajaibannya. Safe trip ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button