Culture

Kembangkan Inovasi untuk Wujudkan Kota Berketahanan, Provinsi DKI Jakarta Raih Terbaik Tiga PPD 2024

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meraih penghargaan bergengsi dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI memberikan penghargaan Provinsi Terbaik kepada DKI Jakarta atas perencanaan berkualitas dan pencapaian pembangunan yang signifikan.

Presiden Joko Widodo secara langsung menyerahkan piala penghargaan kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan terhadap upaya DKI Jakarta dalam meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Pj Gubernur Heru menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan komitmen nyata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan untuk mengatasi berbagai tantangan perkotaan. Ia juga mengapresiasi kerja sama dari semua pihak dalam merancang strategi dan kebijakan untuk mendorong Jakarta menjadi kota yang tangguh dan kompetitif secara global serta mencapai tujuan pembangunan yang mendukung agenda nasional.

“Presiden Jokowi telah menegaskan bahwa sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah adalah kunci utama dalam mencapai rencana kerja bersama. Dengan demikian, pembangunan yang dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah dapat berlangsung secara berkelanjutan dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat,” ungkap Heru.

Pencapaian pembangunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2023 terfokus pada beberapa prioritas, seperti transportasi, penanggulangan banjir, penanganan stunting, pengentasan kemiskinan, dan peningkatan indeks demokrasi. Dalam rangkaian penilaian PPD 2024, DKI Jakarta mempresentasikan program inovatif dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang dikenal dengan ‘Gerai Memulai Usaha’.

Inovasi ini bertujuan untuk memberikan kepastian kepada pelaku usaha dalam proses perizinan. Layanan ini mencakup pendampingan dan konsultasi mulai dari pengajuan hingga izin diterbitkan. Gerai Memulai Usaha tersebar di berbagai titik seperti kantor DPMPTSP di tingkat kelurahan, kecamatan, kota, maupun provinsi, serta di fasilitas umum seperti stasiun MRT, pasar, dan mal di DKI Jakarta.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, menjelaskan bahwa penilaian untuk penghargaan pembangunan daerah dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama adalah evaluasi dokumen perencanaan dan inovasi daerah, sedangkan tahap kedua melibatkan wawancara dan verifikasi melalui forum diskusi serta kunjungan lapangan.

“Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan pengakuan bagi pemerintah daerah yang telah berhasil dalam pembangunan daerah,” kata Suharso Monoarfa.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button