Tourism

Kemenpar Beri Pengharagaan Insan Pariwisata

 

Menpar memberikan penghrgaan kepada Dynan Fariz (jember Fasion Carnaval)

Kementrian Pariwisata memberikan penghargaan Anugerah Citra Pesona Wisata (Cipta Awards) 2015 kepada insan pengembangan obyek wisata yang mengedepankan prinsip pengembangan wisata berkelanjutan (sustainable tourism development). Penghargaan Cipta Awards diberikan langsung Mentri Pariwisata Arief Yahya, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Penghargaan kali kelima diselenggarakan sebagai bentuk aprisiasi kemenpar kepada para pengelola baik individu, kelompok, maupun organisasi dibidang pariwisata untuk itu Menpar mengapresiasi penghargaan ini. “Selain budaya, pariwisata memiliki dua nilai yang pertama nilai budaya dan nilai ekonomi, dengan istilah semakin dilestarikan semakin menyejahterakan maka perekonomian setiap tempat wisata akan lebih meningkat,” kata Arief Yahya.

Daya tarik wisata sebagai salah satu aspek dalam pembangunan kepariwisataan harus dikembangkan dengan wajib memperhatikan aspek-aspek pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan, dan pelestarian sumber daya alam kepariwisataan. Saat ini, ada kecenderungan penurunan daya dukung lingkungan, kualitas, keunikan dan keindahan daya tarik wisata. Penyebabnya karena lemahnya manajemen pengunjung (visitor management, minimnya interpretasi, variasi) terbatasnya kualitas sumber daya manusia, tidak terjaganya kualitas lingkungan, minimnya fasilitas dasar dan lemahnya dukungan masyarakat.

Tim juri yang diketuai oleh Firmansyah Rahim telah memilih 200 Wilayah Kompeten dan potensial untuk mengusulkan calon kandidat baik itu Individu, Kelompok ataupun badan hukum yang melalukan inisiatif pengembangan Objek Wisata. Dan kemudian akan dipilih menjadi 8 Kandidat yang tersisa. Dan diseleksi kembali oleh tim juri, dengan melakukan kunjungan ke Objek atau Tujuan Wisata untuk menentukan 4 Kandidat terbaik dan menjadi pemenang sesuai dengan 4 kategori Wisata Budaya, Wisata Alam, Wisata Buatan, Wisata Bahari dan Pemenang Favorite . Berikut daftar penerima penghargaan Anugerah Cipta Pesona Awards 2015 :

 

Wisata Budaya: Agung Rai (Bali) diwakili Ibu Ketut Mina
Wisata Alam: Infest (NTT) diterima Bpk Ari suhendi
Wisata Buatan: Sawahlunto (Amran Nur)
Wisata Bahari: Heru Pramono (DKI Jakarta) diwakili Bpk Ari Bastaman
Kategori Favorit: Dynan Fariz (Jember Fashion Carnaval)

(yog).

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button