Headline NewsPageantsTourism

Kemenparekraf Berpesan Kepada Pemenang PPI 2021 Untuk Bekerja Setulus Hati

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021 yang  malam grand finalnya digelar secara virtual dan disiarkan langsung EL JOHN TV pada Senin malam (27/9/2021).

Seperti diketahui pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021 telah melahirkan enam besar beserta gelarnya. Urutan pertama ada finalis dari Sumatera Barat Tisya Laura yang meriah gelar tertinggi yakni Putri Pariwisata Indonesia 2021. Kemudian di urutan kedua ada, finalis asal Bali, Kadek Mutiara Valentina yang menyabet  gelar Miss Culinary Tourism Indonesia 2021. 

Dilanjutkan di urutkan ketiga yakni Noland Liberty Lagu dari NTT yang memperoleh  gelar Miss Marine Tourism Indonesia 2021. Selanjutnya  di urutan keempat dan kelima diraih oleh Dita Julaika dari Kep. Bangka Belitung  dengan gelar Miss Sport  Tourism Indonesia 2021 dan Fathya Itan Jeehan dari DKI Jakarta III yang mendapatkan gelar Miss Cultural Tourism Indonesia 2021.

Tahun ini,  pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021 merupakan tahun ke-14 yang diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia. Kali ini tema yang diangkat Sustaining Tourism Growth For Indonesia’.

Vinsensius yang menjadi ketua dewan juri dalam kontes paling bergengsi di Indonesia ini mengatakan tim juri cukup sulit memilih pemenang. Semua finalis memiliki kualitas yang sama sebagai seorang Putri Pariwisata Indonesia 2021. Namun sebagai dewan juri harus memilih terbaik dari yang terbaik.

“Betapa sulitnya dewan juri memutuskannya siapa yang harus keluar sebagai nomor uno karena apa, karena semua luar biasa. Tetapi perlu dicatat dan digaris bawahi menjadi pemenang bukan segalanya, menjadi pemenang bukanlah menjadi tujuan terakhir, tetapi bagaimana kita mengemban tugas ini sebagai duta pariwisata, sebagai ambassador pariwisata di lingkungan sekitar, di lingkungan yang lebih luas maupun di untuk Indonesia,” kata Vinsensius saat menyampaikan pesan kepada pemenang saat malam grand final.Vinsensius mengapresiasi perjuangan para finalis dalam menunjukan penampilan terbaiknya selama kontes ini berjalan. Kepada pemenang, Vensius berpesan agar dapat bekerja dengan setulus hati.

“Jadi saya pikir bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Putri Pariwisata selama ini selama di karantina saya kira sudah luar biasa perjuangannya dan itu dilanjutkan diteruskan dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, di mana saja anda ditempatkan, di mana saja anda dipercayakan untuk mengemban suatu tugas lakukanlah itu dengan setulus hati,” ujarnya.

Lebih lanjut Vinsensius berharap para pemenang dapat dapat menerapkan konsep tiga As dalam menjalankan tugas sebagai duta pariwisata. Konsep tersebut digunakan Kemenparekraf dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air.

“Kami selalu menyebutnya dengan tiga As, kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas. Itu saya kira yang menjadi pedoman bagi para Putri Pariwisata sehingga orang lain akan melihat atau dunia akan melihat bahwa memang layak jadi Putri Pariwisata, karena di tangan mereka lah pariwisata ini harus bangkit, memberikan juga pencerahan, memberikan edukasi kepada orang-orang di sekitar kita bahwa core bisnis bangsa ini pada suatu saat adalah tourism,” jelas Vinsensius.Hal senada juga disampaikan Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf Dessy Ruhati. Ia  mengapresiasi penyelenggaran Putri Pariwisata Indonesia yang digagas Yayasan EL JOHN Indonesia selama 14 tahun.

“Tentunya hal ini akan membantu pemerintah khususnya bangsa Indonesia untuk mempromosikan kepariwisataan Indonesia, menggali semua potensi destinasi wisata baik yang baru  maupun yang telah disiapkan  dan juga tentunya Putri-putri Pariwisata ini  kelak memiliki kompetensi yang tentunya sangat memberikan dukungan yang tinggi untuk mempromosikan objek wisata dan hasil industri ekonomi kreatif,” kata Dessy.

“Harapan kita tentunya dalam kegiatan pemilihan Putri Pariwisata Indonesia  dengan tema Sustaining Tourism Growth For Indonesia tentunya di masa pandemi ini  dapat membantu mempertahankan  dan juga meningkatkan perekonomian dan juga mengembalikan bersama-sama membuat industri pariwisata  dan ekonomi kreatif kita kembali pulih,” tambahnya.Sementara itu, Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto  juga turut menyampaikan apresiasinya kepada para finalis yang telah berkontribusi mempromosikan pariwisata melalui pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021.

“Menang atau kalah sesungguhnya anda telah menunjukan peran aktif anda sebagai finalis dan semuanya layak untuk menang sebagai seorang Putri Pariwisata Indonesia 2021 karena peran aktif anda selama mengikuti karantina telah banyak melakukan kegiatan positif mempromosikan pariwisata daerah yang anda wakili, kata Tokoh Pariwisata Nasional ini,” kata Tokoh Pariwisata Nasional ini sembari menambahkan pesan agar promosi pariwisata terus dilakukan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close