Lifestyle

Ketika anak-anak mengenal cinta

cinta monyet

Ketika anak anda sudah mengenal yang namanya cinta sudah pasti akan membuat anda kebingungan dikarenakan yang seharusnya dijalankan oleh anak adalah masa bermain dan belajar. Tapi bagaimana ketika anak anda pada usia dini malah sudah mengenal cinta atu bagi anaka seumurannya dapat dikatakan Cinta Monyet atau Puppy Love. Rentang usia ini memang penuh warna. Di sini biasanya anak mulai punya perasaan khusus pada seseorang yang bisa siapa saja: teman sekelas, guru atau bintang film. Semenjak usia dua atau tiga tahun, anak-anak sudah mulai bisa membedakan lawan jenis. Mereka bahkan bisa membedakan mana yang berparas baik ataupun sebaliknya. Tanpa disadari, hal tersebut memicu timbulnya cinta monyet. Berbeda dengan cinta anak remaja atau orang dewasa. Cinta monyet umumnya terjadi pada anak-anak usia sekolah dasar, itu pun hanya sebatas suka sama suka. Intinya, anak-anak akan mudah merasakan cinta monyet dengan teman-teman sepermainannya.

Ketika sering berinteraksi, anak-anak akan menyayangi satu sama lain. Rasa sayang terutama kepada teman yang memiliki tempat spesial bagi anak karena memiliki kelebihannya, seperti kebaikan maupun perhatian. Nah peran bagi anda yang adalah menanyakan lebih dalam lagi maksud dari perasaan yang telah diutarakannya, jalin komunikasi dngna anaka agar si anak mendapatkan pemahaman yang baik masalah percintaan ini. Kebanyakan anak agak sungkan cerita karena takut Anda ceramahi atau marahi. Bersikaplah sebagai teman. Jangan paksa jika anak tidak mau menceritakannya lebih detil. Percaya deh, bila Anda bisa menjadi pendengar yang baik tanpa menilai, mengolok atau mengritik, akan tiba waktunya anak merasa nyaman menceritakan semuanya.

Nah ketika anda sudah menjadi teman curhatnya, maka akan memudahkan bagi kita untuk mengkontrol perkembanganya akan masalah percintaan dan tentunya adna juga dapat membimbingnya untuk menjadi lebih baik lagi. Tentu akan menjadi hal yang menarik jika kita mengetahui kalau anak yang dapat dikatakan masih usia anak SD sudah mendapatkan perasaan tersebut dan bukan hal yang aneh lagi sekarang karena mereka juga banyak melihat hal tersebut di sekitarnya bisa melalui lingkungan maupun tontonannya setiap hari. Jadi sudah sepantasnya ketika anak mendapatkan ersaan suka tersebut menjadi hal yang lumrah. Perlu juga anda perhatikan sudah ada beberapa kasus yang disebabkan masalah cinta ini, toh pernah kita mendengar ada kasus seorang anak cowok yang mencoba bunuh diri dengan cara melompat dari tower karena cintanya bertepuk sebelah tangan.

Nah jadi peran orang tua sebagai teman curhat memiliki peran yang sangat penting agar hal tersebut tidak terjadi pada anak anda. Owh iya ada info menarik juga nih, salah satu Psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli M.Psi mengatakan kalau cinta monyet ini ada manfaatnya juga loh. Roslina Verauli, M.Psi mengatakan manfaatnya dari cinta monyeet itu besar, anak paham bahwa dia mampu berbagi, dia tahu apa yang dia sukai, dan mampu belajar bersosialisasi melalui teman-temannya. Selain belajar sosialisasi, cinta monyet juga fun untuk mereka karena punya teman yang menyenangkan buat bareng setiap hari. Cinta monyet objeknya juga orang-orang yang sehari-hari main sama mereka, jadi secara sosial mereka lebih terampil. Anak secara emosional juga bahagia. Selain itu, anak menjadi termotivasi serta memiliki perasaan yang lebih senang. Sudah jelaskan bagi orang tua kalau anda juga sisi positif dari percintaan tersebut, tapi siperlukan juga perhatian dan arahan dari anda ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button