BusinessEconomicHeadline News

Kuatkan Daya Saing Produk Halal Indonesia, MUI Gelar INDHEX 2017

Bagi anda yang ingin berburu produk-produk halal, cukup dengan mendatangi SMESCO Exhibition Hall, Jakarta. Di tempat itu digelar Indonesia Halal Expo (INDHEX)  2017 pada tanggal 16-18 November 2017. Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI)  ini, resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Kamis, 16 November 2017. Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug. Acara dihadiri antaralain Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin dan Direktur LPPOM MUI.

Kali ini tema yang diangkat adalah “Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia Melalui Sertifikasi Halal”. Dalam sambutannya, Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim mengatakan patut dibanggakan kini  standar halal Indonesia banyak di terima oleh beberapa  negara. Bahkan tak sedikit, yang mengadopsi standar halal Indonesia. Apalagi nanti MUI akan meraih sertifikat ISO 17065, artinya produk halal Indonesia   semakin dapat diterima oleh banyak negara seperti dari Eurasia, OKI, dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

“Dengan bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia maka produk bersertifikat hala Majelis Ulama Indonesia  seolah-olah memiliki visa untuk  masuk ikut di dalam percaturan perdagangan Internasional,” kata Lukmanul.

Hal senada juga disampaikan   Ketua MUI Ma’aruf Amin. Ma’aruf  berharap Kementerian Perdagangan dapat menerbitkan kebijakan atau regulasi yang dapat mendukung perdagangan produk halal, khususnya di pasar ekspor sekaligus mengatur tata niaga produk impor.

“Kebijakan tersebut perlu ditempuh agar produk halal Indonesia dapat menjadi tuan di negeri sendiri, sekaligus merajai pasar Internasional yang terbuka lebar,” ujar Ma’aruf dalam sambutannya di acara pembukaan INDEX 2017.

Sementara itu, Mendag Enggartiasto Lukita mengatakan akan mendukung agar produk-produk halal Indonesia diminati banyak negara. “Pemerintah sendiri akan terus mendorong pasar produk halal Indonesia tidak hanya untuk pasar dalam negeri, tapi juga pasar luar negeri. “Apalagi sertifikasi halal Indonesia sudah menjadi rujukkan di banyak negara,” ujar Mendag

Usai acara pembukaan, Ketua MUI Ma’aruf Amin. Ma’aruf berkesempatan mengunjungi produk yang dipamerkan. Bahkan Ma’aruf sempat mencicipi produk pangan halal Indonesia.

INDHEX 2017 akan menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik yang terkait dengan sertifikasi halal seperti 100 produk yang sudah berlabel halal, penyerahan halal award 2017, penyerahan pemenang olimpiade halal 2017 yang telah dilaksanakan 2017 lalu, silahturahmi LPPOM MUI dengan pimpinan perusahaan bersertifikat halal, talkshow, seminar, serta aneka kegiatan lainnya.

Selain itu juga ada kompetisi memasak, lomba menggambar dan mewarnai serta fashion show yang didukung produk kosmetika halal terkemuka Wardah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button