CultureDestinationHeadline NewsTourismTransportation

Kunjungan Wisatawan ke Bromo Tengger Semeru Mencapai 573.948 orang.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru  (TNBTS) mengumumkan angka kunjungan wisatawan ke Kawasan Gunung Bromo, Tengger dan Gunung Semeru. Hingga akhir November tahun ini kunjungan wisatawan ke Kawasan Gunung Bromo, Tengger dan Gunung Semeru jumlahnya mencapai 573.948 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari wisatawan mancanegara (wisman)  sebanyak 22.602 orang dan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 551.346 orang.

“Jauh bedanya jumlah wisatawan mancanegara dan nusantara. Kita masih lebih lebih banyak wisatawan nusantara,” kata Kepala TNBTS, John Kenedie saat konferensi pers di kantor TNBTS, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, 20 Desember 2017.

Meski yang banyak berkunjung adalah wisnus namun tak merosotkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari kawasan wisata. PNBP dari kunjungan wistman tahun ini masih terbilang tinggi

Hingga akhir November saja PNBP yang masuk sudah mencapai Rp 19,6 miliar. Padahal target yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutantan hanya Rp 16 miliar.Artinya, PNBP yang didapat pengelola TNBTS sebesar 121,51 persen dari besaran yang ditargetkan.

“Yang terbanyak pendapatan di bulan Juli sampai Rp 4 miliar,” kata John.

John berharap, jumlah kunjungan wisatawan untuk tahun depan bisa bertambah seiring dengan dimasukannya Gunung Bromo dalam program 10 destinasi wisata prioritas.

“Tahun depan kita mengharapkan pengunjung bisa seperti ini, dan alam bersahabat. Sehingga negara bisa mendapatkan PNBP yang diharapkan,” tambah John.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button