Tourism

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Ke Indonesia Semakin Meningkat

Copyright: www.balisurfadvisor.com
Copyright: www.balisurfadvisor.com

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Mei 2015 mencapai 793.499 atau tumbuh 5,47% dibandingkan Mei tahun sebelumnya yang hanya sebesar 752.363 wisatawan mancanegara. Sedangkan secara kumulatif sejak Januari hingga Mei 2015, kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 3.842.669 atau tumbuh 3,85% dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya sebanyak 3.700.047 wisatawan mancanegara.

Data ini dirilis oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia di website resmi mereka. Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, dari kajian yang dilakukan APEC, UNWTO, maupun WTTC, kebijakan memberlakukan bebas visa ternyata memberi dampak pada pertumbuhan wisatawan mancanegara rata-rata sebesar 18%. “Kita memproyeksikan akan terjadi penambahan sebanyak satu juta wisatawan mancanegara per tahun, sehingga kita optimis target tahun ini sebesar 10,5 juta wisatawan mancanegara akan terlampaui,” kata Arief Yahya.

Walau demikian, pertumbuhan wisatawan mancanegara dalam lima bulan pertama 2015 dirasa masih belum signifikan. Pihak Kemenpar berharap pada bulan-bulan berikutnya akan mengalami peningkatan seiring dengan tibanya high season atau musim liburan di pertengahan tahun ini. Sudah diberlakukannya fasilitas Bebas Visa Kunjungan (BVK) bagi 45 negara juga diharapkan semakin mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

“Saat ini sudah terlihat perkembangan kunjungan wisatawan mancanegara asal Tiongkok dan Jepang. Pertumbuhan wisatawan mancanegara dari kedua negara tersebut dalam lima bulan ini sebesar 18,58% dan 6,85%, dengan pemberlakukan bebas visa diproyeksikan akan meningkat signifikan,” kata Arief Yahya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button