Pageants

Kunjungi Museum Pusaka Karo, Hilda Karolina Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Indonesia

Sebagai bentuk mempromosikan dan memperkenalkan budaya Indonesia, Putri Kopi Indonesia 2023 Hilda Karolina mengunjungi Museum Pusaka Karo, Sumatera Utara, Rabu (15/5/2024).

Pada kunjungan kali ini, Hilda melihat berbagai macam barang yang dipergunakan masyarakat Karo pada zaman dahulu. Selain itu, di museum tersebut juga terdapat pakaian adat Karo, kain khas dari Karo, dan lainnya.

“Kunjungan saya ke Museum Pusaka Karo bersama dengan pihak dari Citra Loka DAAI TV ini bermaksud ingin lebih melestarikan budaya Karo, ingin memperkenalkan lebih dalam tentang sejarah budaya Karo karena masih banyak generasi muda yang belum mengenal budaya yang ada di Indonesia terutama budaya Karo dan ingin memperkenalkan tentang wisata yang ada di Karo, Sumatera Utara ke generasi muda Indonesia,” ucapnya.

Hilda mengungkapkan, Museum Pusaka Karo memiliki keunikan tersendiri, yakni museum ini didirikan oleh Pastor dari Belanda. Tidak hanya itu, Museum Pusaka Karo juga menjelaskan secara lengkap bagaimana zaman dulu masyarakat Karo melakukan aktivitas dengan tradisi yang sangat Istimewa.

“Di saat itu saya mulai berpikir dan merasa malu sebagai generasi muda. Saya berpikir kenapa masyarakat asing yang bukan keturunan dari orang Karo berinisiatif untuk membangun dan melestarikan budaya dan sejarah Karo. Mengapa tidak dari masyarakat Karo itu sendiri?,” katanya.

Sebagai generasi muda sekaligus Putri Pariwisata Nusantara 2023 Sumatera Utara, Hilda mengingatkan kepada masyarakat untuk terus melestarikan budaya Indonesia.

“Sebagai generasi muda Indonesia, kita harus mengetahui atau mempelajari sejarah budaya Indonesia karena budaya adalah warisan leluhur dari nenek moyang kita yang memiliki nilai akan seni dan moral. Ketika kita sudah bangga terhadap budaya yang ada di Indonesia, itu merupakan dampak positif yang dapat kita berikan untuk Indonesia bahwa Indonesia kaya akan budayanya yang tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke,” jelas Putri binaan Yayasan El John Indonesia.

Hilda nantinya akan mengajak para stakeholders terkait seperti pemerintah maupun komunitas untuk memajukan dan memperkenalkan wisata serta budaya di Indonesia.

“Sebagai Putri Pariwisata Nusantara 2023 Sumatera Utara sekaligus Putri Kopi Indonesia 2023 saya ingin mengajak seluruh generasi muda Indonesia untuk peduli dan bangga terhadap budaya kita, budaya Indonesia. Saya ingin mengajak seluruh generasi muda Indonesia untuk memaknai kata bangga terhadap budaya Indonesia, Ini Budayaku, Ini Indonesiaku, Di Indonesia Aja,” ujarnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button