Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2017, Jokowi Berharap Tunjukan Sportivitas

0

Kontingen Indonesia yang akan berlaga dalam SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia,  resmi dilepas oleh Presiden Jokowi di halaman  Istana Negara, Senin, 7 Agustus 2017.  Pelepasan dihadiri antaralain Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Ada beberapa pesan yang disampaikan Presiden kepada para atlet terbaik Indonesia itu, melalui sambutannya di acara pelepasan ini. Presiden  berharap para atlet dapat mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya saat bertanding agar dapat mengharumkan nama bangsa. Tidak lupa selama bertanding untuk  selalu menjaga nama baik bangsa dengan menjujung  sportivitas.

“Sebentar lagi saudara-saudara akan berangkat menuju Kuala Lumpur, Malaysia untuk mewakili Indonesia di SEA Games ke-29. Ingatlah, di sana saudara-saudara mewakili Indonesia, negara yang sudah 10 kali menjadi juara umum di SEA Games,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Menurut Presiden, seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Marauke akan selalu mendoakan para atlet Indonesia agar tampil sebagai juara. Hal itu dibuktikan  masyarakat dengan  ikut merasakan apa yang sedang dirasakan para atlet Indonesia saat berlaga di setiap kompetisi dunia.

“Saat saudara-saudara jatuh, 250 juta rakyat Indonesia akan ikut menangis. Dan saat saudara-saudara bangkit, 250 juta rakyat Indonesia juga akan bersorak gembira. Sebab mereka merasakan kemenangan setiap atlet Indonesia,” ‎ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan, di atas perolehan medali masih ada yang lebih penting yakni dengan  keikutsertaan di ajang SEA Games ini, para atlet Indonesia bahwa Indonesia adalah  negara besar dan tangguh.

“Saudara-saudara menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa kita adalah bangsa yang tangguh, bangsa yang bisa bersaing, bangsa yang bermental pemenang, yang menjunjung tinggi fair play, yang menjunjung tinggi disiplin,” ungap  Jokowi.

Acara pelepasan ditutup dengan pertandingan tenis meja antara Jokowi yang berpasangan dengan Erick Thohir melawan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI   yang juga peraih medali emas Olimpiade 1992 Barcelona, Susy Susanti yang berpasangan dengan mantan atlet tenis meja nasional, Jopie Warsono.

Di SEA Games ke-29 ini, Indonesia mengirimkan  870 orang  yang terdiri atas 533 atlet, 170 pelatih, 55 perangkat pendukung, dan 122 peserta mandiri sehingga berada di luar beban target kontingen.

Kontingen Indonesia ditargetkan meraih 55 emas dan 95 perak dari total 405 emas dan perak yang diperebutkan pada SEA Games 2017. Indonesia akan berlaga pada 37 cabang olahraga dari 38 cabang olahraga yang dipertandingkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *