Tourism

Libur Idul Adha, Pulau Untung Jawa Dikunjungi 2.659 Wisatawan

Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan menjadi primadona saat libur Idul Adha. Data dari pemerintah setempat, sejak Jumat (31/7/2020) hingga Minggu (2/8/2020), tercatat ada 2.659 wisatawan mengunjungi Pulau Untung Jawa.

Lurah Pulau Untung Jawa, Supriyadi merinci, pada Jumat (31/7/2020) wisatawan yang datang ada 829 orang, Sabtu (1/8/2020) ada 894, dan Minggu (2/8/2020) tercatat sebanyak 936 wisatawan.

Supriyadi menegaskan kendati terjadinya ledakan wisatawan, pengawasan menerapkan protokol kesehatan tetap dilakukan. “Pengawasan wisatawan tetap kita lakukan secara ketat terkait protokol kesehatan,” tegasnyaa belum lama ini.

Ditambahkannya, jumlah tersebut setelah adanya pembatasan sejak dari dermaga keberangkatan yang ada di dermaga Rawasaban dan Tanjung Pasir yang memang paling banyak pengunjungnya setiap akhir pekan maupun libur-libur nasional.

“Selain pembatasan jumlah, penerapan protokol kesehatan seperti cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak kita lakukan sejak dari dermaga keberangkatan,” tandasnya.

Wisata Kepulauan Seribu sudah kembali bergeliat sejak masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi fase pertama diberlakukan. Hal itu, tentunya disambut para masyarakat pulau yang mengandalkan wisata sebagai sumber pemasukan.

Dewan Kabupaten (Dekab) Kepulauan Seribu Selatan Robin mengatakan, sejak dibuka dari PSBB transisi geliat wisata perlahan mengalami peningkatan. Jelas, itu lah yang diharapkan masyarakat kepualauan seribu.

“Terus meningkat, sampai-sampai Pulau Untung Jawa menjadi sorotan karena dipadati pengunjung beberapa waktu lalu. Akan tetapi, Pulau Pari dan Tidung masih perlahan,” ucapnya seperti yang dilansir GenPI.

Meskipun begitu, menurut Robin penerapan dan pengawasan protokol kesehatan di Kepulauan Seribu tetap ketat. Untuk itu, dirinya sebagai Dekab tidak henti-henti membantu melakukan pengawasan. BACA JUGA: Luar Biasa! Anak Sambung Bella Saphira Ternyata Pakar Kopi

“Kami sangat memperhatikan ketika akhir pekan dengan tingginya wisatawan. Kami imbau untuk terapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak),” ujarnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close