Libur Natal dan Tahun Baru, Diprediksi 4,2 Juta Penumpang Padati Bandara Soetta

0

Penumpang pesawat antre saat memasuki pintu 1B bandar udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (24/12). Memasuki libur Natal dan Tahun Baru, kepadatan penumpang di bandara itu hari ini mulai memuncak. ANTARA FOTO/Lucky R/foc/15.

PT Angkasa Pura II (persero) Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta (Setta)  memprediksi libur Natal dan Tahun Baru 2018,   Bandara Soetta akan dipadati penumpang pesawat. Jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Soetta dari tanggal 18 Desember 2017 sampai dengan 8 Januari 2018, diperkirakan mencapai 4,2 juta penumpang.

“Jika dirata-rata perhari akan ada 190 ribu penumpang yang datang dan pergi dari Bandara Soekarno-Hatta,” kata  Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Jika dipersentasekan jumlah tersebut mengalami peningkatan sekitar 5,8 persen dan pergerakan pesawat sebesar 3,5 persen dibandingkan dengan tahun 2016.

PT Angkasa Pura II memprediksi puncak pergerakan penumpang di momen libur Natal dan Tahun Baru terjadi pada tanggal 22 Desember 2017 dengan total penumpang mencapai 213.000 orang. Untuk menyambut libur panjang tersebut, hingga kini, sekitar 1.219 jadwal penerbangan tambahan atau extra flight telah dipersiapkan oleh pihak maskapai penerbangan.

Sedangkan untuk daerah yang menjadi destinasi favorit masih diprediksi di kota-kota besar, seperti Denpasar, Medan, Surabaya, Yogyrakarta dan Solo.

Untuk melayani penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru, PT Angkasa Pura II telah mengerahkan seluruh fasilitas, perangkat operasi, keamanan, pelayanan dan SDM. Dipastikan SDM yang terlibat dalam memberikan pelayanan di Bandara Soetta dalam kondisi prima.

PT Angkasa Pura II juga telah berkoordinasi dengan petugas keamanan terkait. Dewandono menjelaskan, pihak Bandara bersama sejumlah pihak terkait secara terus menerus melakukan razia untuk membersihkan bandara dari praktik ilegal. “Jika ada yang melanggar pidana, tentunya akan diproses secara hukum,” tutup Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *