BusinessDestinationHeadline NewsTourism

Lima Investor Keroyokan Bangun Industri Pariwisata di KEK Mandalika

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok  mendapat suntikan segar dari para investor. Tercatat ada lima investor yang dipastikan  menanamkan modalnya di salah satu destinasi prioritas ini. Rabu, 17 Mei 2017, lima investor tersebut telah menandatangani MoU dengan Indonesia Tourism Development Corporation (lTDC) di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.  Diketahui ITDC merupakan badan pengelola KEK Mandalika.
Penandatanganan  dilakukan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dengan perwakilan para investor, dan disaksikan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution. Kelima investor itu terdiri dari tiga investor lokal dan dua investor asing. Tiga investor lokal yakni PT Bangun Megatama Wisata dan PT Metro Lestari Utama yang akan membangun hotel berbintang lima dan PT Alam Hijau Permata yang akan berinvestasi pada penyertaan modal di Hotel Pullman yang sedang dibangun oleh lTDC.
Sedangkan untuk investor asing yaitu Sky Wealth (M) Sdn. Bhd. dari Malaysia yang akan membangun hotel berbintang lima di area tepi pantai Tanjung Aan Mandalika, dan Jeju Olle Foundation dari Korea yang akan membangun Mereseq Trail, jalan setapak jarak jauh di Bukit Meresek, Mandalika. Kelima investor ini akan menggelontorkan modalnya senilai kurang lebih Rp 2 triliun.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kondisi alam yang mendukung pariwisata menjadikan kawasan Mandalika menarik di mata investor. 

“Kita percaya dengan kekhasan dan kekhususan yang dimiliki setiap kawasan dan insentif yang diberikan pemerintah, akan cukup menarik minat investasi,” ujar Darmin yang juga menjabat Ketua Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus di lokasi penandatanganan MoU.
Penandatanganan lima MOU ini menambah jumlah investor yang bekerja sama dengan IT DC dalam pemanfaatan lahan di Mandalika. Sebelumnya  ITDC telah menandatangani MoU dengan  Vinci Construction, BUMN konstruksi dari Perancis, untuk pembangunan Mandalika Street Race Circuit Cluster seluas 120 hektar, dilengkapi sirkuit balap kelas dunia, convention center, dan tujuh hotel. Sirkuit ini digadang-gadang sebagai sirkuit Moto GP.
Selain KEK Mandalika ada juga Penandatanganan MoU antara Direktur Utama PTPN III Persero dengan Direktur Utama PT Alternatif Protein Indonesia (API) dengan total investasi sekitar USD 500 juta untuk  KEK Sei Mangkei di Medan
Sampai saat ini, pemerintah telah menetapkan 11 KEK, yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebelas kawasan tersebut, yakni KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan, KEK Sorong, KEK Morotai, KEK Bitung, dan KEK Palu. 

Kemudian KEK Mandalika, KEK Tanjung Lesung, KEK Tanjung Kelayang, KEK Tanjung Api-Api, KEK Sei Mangkei, serta KEK Arun Lhokseumawe.
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button