Headline NewsTechnology

Menkominfo Sebut Indonesia Sudah Aman dari Virus WannaCry

Serangan ransomware WannaCry yang sempat menghebohkan dunia pekan lalu berangsur-angsur menurun. Korban seranganmalware itu dilaporkan tak lagi bertambah.
Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Indonesia kini dapat dikatakan sudah aman dari serangan WannaCry.
“Menurut data dari situs MalwareTech, IP yang terindikasi terjangkit malware itu hanya tersisa satu atau dua. Jadi, dapat dikatakan Indonesia sudah aman,” ujarnya saat ditemui setelah penandatangan nota kesepahaman antara joint venture Indosat dan PT Pasifik Satelit Nusantara di Jakarta, Rabu, 17 Mei 2017.
Sebelumnya, Rudiantara juga sempat menuturkan Indonesia tak termasuk sebagai negara yang terpapar parah serangan ransomware ini. Apabila dibandingkan dengan negara tetangga, laporan serangan di Indonesia masih lebih baik.
“Saya lupa angka pastinya, tapi dari laporan yang sudah diterima Kemkominfo ada sekitar ribuan IP yang terkena,” ujarnya kemarin.
Adapun bidang yang menjadi korban dari serangan WannaCry adalah fasilitas rumah sakit, perkebunan, manufaktur, Samsat di Sulawesi, termasuk perbankan di tingkat daerah.
 
Sebelumnya, serangan ransomware WannaCry menghebohkan dunia pada Sabtu 13 Mei 2017 . Saat itu, 99 negara diperkirakan terkena serangan malware ganas ini, termasuk Indonesia.
 
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A Pangerapan, mengatakan serangan siber ini bersifat tersebar dan masif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting). Karena itu, serangan ini bisa dikategorikan teroris siber. File yang terserang virus sivber ini tidak dapat dikembalikan. jika tidak memenuhi permintaan yakni mengirimkan sejumlah uang.
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button