Mada Fest 2024 Bangkitkan Ekonomi UMKM Lokal di Pantai Matras

0

Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi pusat perhatian dengan diadakannya Mada Fest 2024 di Pantai Matras, Mada Fest merupakan  festival yang mengangkat potensi ekonomi local, yang tahun ini  melibatkan 60 UMKM dari berbagai daerah di provinsi ini. 

UMKM yang ikut dalam event ini, merupakan UMKM binaan kantor perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Bangka Belitung serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung. Para UMKM tersebut mulai menawarkan produk kulinernya sejak dibukanya Mada Fest 2024, Sabtu (29/06/2024) hingga hari terakhir, Minggu (29/06/2024). 

Kuliner yang ditawarkan mulai dari kuliner khas Bangka hingga kuliner kekinian. Pengunjung festival dapat menikmati berbagai pilihan makanan dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 50.000.

Kuliner yang disajikan berhasil menarik perhatian pengunjung, karena selain harganya terjangkau, cita rasa kulinernya terbilang enak. Tidak sedikit pengunjung yang datang dengan tujuan untuk menikmati hidangan langsung di tempat atau membeli untuk dibawa pulang.

Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Bangka Belitung Edhi Mulyadi menegaskan pentingnya acara ini sebagai jalan bagi UMKM untuk tumbuh tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional melalui ekspor dan impor.

“Dengan berpartisipasi di Mada Fest, UMKM kita memiliki kesempatan emas untuk dikenal lebih luas oleh masyarakat. Harapan saya, UMKM di Bangka Belitung terus berkembang dan tidak hanya memasarkan produk secara lokal, tetapi juga dapat merambah pasar nasional bahkan internasional. Kementerian Keuangan siap memberikan dukungan untuk membantu UMKM mengekspor produknya ke luar negeri,” kata Edhi.

Selain itu, Edhi Mulyadi juga menyampaikan harapannya agar Madafest dapat terus diselenggarakan setiap tahun dengan dukungan penuh dari masyarakat dan stakeholder terkait. Menurutnya, acara ini tidak hanya mempertemukan UMKM dengan pasar yang lebih luas, tetapi juga menjadi wadah untuk pembinaan dan pelatihan, seperti yang terlihat dari acara khusus pembuatan keripik cumi yang diadakan dengan bantuan ahli dalam industri tersebut.

“Keterlibatan Kementerian Keuangan dalam Mada Fest kedua ini menunjukkan komitmen kami untuk mendukung UMKM secara menyeluruh. Selain dari aspek perpajakan, kami juga fokus pada pengembangan keuangan digital seperti DigiPay untuk memperluas jangkauan produk UMKM ke pasar yang lebih luas,” tambah Edhi.

Para  UMKM yang ikut dalam festivalnya mengaku senang dapat tampil d event unggulan Kabupaten Bangka. Ungkapan rasa senang itu, salah satunya disampaikan Reni, pelaku UMKM dari Sungailiat

Ia mengatakan  bahwa partisipasinya dalam festival ini memberikan dukungan yang signifikan dalam promosi makanan khas Bangka, seperti Pantiaw Belinyu dan pempek.

“Dengan Alhamdulillah, sangat senang sekali! Yang pertama terbantu untuk promosi makanan khas Bangka Belita. Semoga ada ajang-ajang berikutnya, kedepannya bisa memperkenalkan lagi makanan khas Bangka,” ujar Reni.

Mada Fest, menurutnya, tidak hanya menjadi platform promosi, tetapi juga mendukung UMKM untuk lebih dikenal dan diakses oleh masyarakat luas. Ia berharap acara ini bisa berlanjut dan sukses di masa mendatang.

“Saya menawarkan menu Pantiaw Belinyu sama pempek khas Bangka. Produk kuliner yang kita buat adalah homemade dan ada resellernya, di Jakarta ada juga resellernya. Karena kebetulan makanan khas Bangka selalu dicari orang Bangka yang ke Jakarta,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan pelaku UMKM lainnya, yakni Yuliana yang menyuguhkan kripik-kripik khas Bangka, seperti Kericu dan Stik Ikan. Ia  menyambut baik digelarnya Mada Fest 2024, karena memiliki peluang yang baik bagi para pelaku UMKM.

“Saya buat sendiri di rumah dan saya jual ke reseller atau toko oleh-oleh khas Bangka. Tapi sekarang toko oleh-oleh agak merosot karena penjualan di Bangka lagi down, dengan adanya acara ini sangat membantu kami,” ungkap Yuliana.

Yuliana berharap Mada Fest tahun depan dapat lebih besar lagi kemasannya dan dapat menarik lebih banyak pengunjung ke Pantai Matras

“Pengunjungnya ke pantai Matras banyak yang datang dan mereka banyak yang membeli makan dari UMKM. Mudah-mudahan di tahun depan, Mada Fest lebih meriah lagi dan acaranya dapat menarik banyak tamu yang diajak ke sini lagi,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *