Mahasiswa Nihon University Jadi Juara Umum di Small Engine Conference

0

Hari terakhir atau hari penutupan Small Engine Conference ke 23 di di  Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat, 17 November 2017, digelar penganugrahan award kepada mahasiswa  yang dianggap berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya di  hadapan peserta konferensi. Ada lima kategori award yang diumumkan yakni Best Poster Award, Best Collegiate Award, Indonesia Paper Award, High Quality Presentation Award dan terakhir High Quality and Best Paper Award.

Penyerahan penghargaan disaksikan langsung oleh Sekjen Kementerian Perindustrian Harris Munandar dan dihadiri diantaranya Presiden Society of Automotive Engineers (SAE) International Simona Silvia Merola, Presiden Ikatan Ahli Tehnik Otomotif (IATO) Gunadi Sindhuwinata, Presiden Society of Automotive Engineers of Japan (JSAE) Koji Yoshida.

Di pengharagaan ini mahasiswa dari Nihon University Akira Iijima bersama tim,  berhasil menjadi juara umum dengan memperoleh dua award yakni Best Poster Award serta High Quality and Best Paper Award. Untuk High Quality and Best Paper Award, Akira sukses mengalahkan Universitas lain dari Jepang dan Kanada.

Akira meraih dua penghargaan atas analisinya tentang pembentukan tekanan kuat untuk mesin sehingga menghasilkan gas dengan kecepatan tinggi. Kepada tim liputan EL JOHN Media, dalam bahasa Inggris  Akira mengaku senang dengan meraih dua penghargaan tersebut.

“Saya akan termotivasi lagi untuk membuat karya-kaya teknologi yang memiliki manfaat banyak untuk masyarakat,” kata Akira.

Jika tidak ada halangan Akira siap tampil  dengan risetnya di Small Engine Conferenre ke 24 tahun 2018 yang diselenggarakan di Dusseldorf, Jerman. “Saya siap untuk kembali menjadi peserta di event tahun depan, tentunya dengan penelitian terbaru saya bersama tim,” ungkap Akira.

Sementara itu untuk penghargaan lain, yakni  Best Collegiate Award dan  Indonesia Paper Award disabet oleh mahasiwa-mahasiswa  Institut Teknologi Bandung (ITB) yakniAngelia Claudia dan tim yang menerima penghargaan ketegori Best Collegiate Event Award  dan  Adyati Yudison yang mendapatkan penghargaan Indonesia Paper Award.Dan penghargaan terakhir yaitu High Quality Presentation Award diterima oleh  mahasiswa dari Universitas di Jepang.

Seperti diketahui Small Engine Conference, merupakan pertemuan tahunan oleh Society of Automotive Engineers yang bertujuan untuk mempertemukan para peneliti dan profesional di seluruh dunia, mendorong pengembangan intelektual dan berbagi pengetahuan tentang teknologi mesin kecil.Konferensi ini diselenggarakan bersama oleh JSAE dan SAE International dengan dukungan IATO  dan Japan Land Engine Manufacturers Association (LEMA). Untuk tahun ini tema yang diangkat adalah “Small Engine Technology Generating a Promosing Future”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *