DestinationHeadline NewsTourism

Pacific Paint Sulap Kampung Babakan Tangerang Jadi Kampung Bekelir

Sebuah sumbangsih nyata bagi masyarakat dilakukan oleh perusahaan cat yang sudah berdiri sejak tahun 1943, Pacific Paint. Lewat program CSR-nya, Pacific Paint bekerjasama dengan masyarakat di Kampung Babakan, Tangerang akhirnya mewujudkan Kampung Bekelir. Sebuah terobosan yang bukan hanya mampu mempercantik tampilan sebuah kampung tetapi juga secara langsung mampu menjadikan kampung ini menjadi destinasi wisata baru yang akan meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat sekitar.

Konsep Kampung Bekelir ini sendiri diwujudkan juga sebagai bagian dari perayaan 75 tahun komitmen, dedikasi dan kesempurnaan yang diperlihatkan Pacific Paint kepada masyarakat Tanah Air. Dengan hadirnya konsep Kampung Bekelir ini artinya menambah lagi sebuah icon baru wisata kampung kreatif satu-satunya di Tangerang sekaligus kampung mural pertama di Indonesia.

Ibnu Jandi, S.Sos, MM yang merupakan konseptor dan sekaligus tokoh pemerhati masalah kebijakan publik serta penggerak lapangan beserta H. Abu Sofiyan, SE, Msi sebagai Lurah Babakan yang tergerak untuk merubah nasib Kampung Babakan untuk berbenah ke arah yang lebih baik melalui konsep Kampung Bekelir.

Secara jelas diakui oleh Direktur Pacific Paint, Suryanto kepada para wartawan dalam acara Konferensi Pers Kampung Bekelir, di Tangerang pada (16/11), bahwa Kampung Bekelir adalah mitra Pacific Paint dan pada berjalannya waktu Pacific Paint masih akan turun tangan langsung dalam pemeliharaan mural dan grafiti yang ada di Kampung Bekelir ini.

Konferensi Pers Kampung Bekelir Kota Tangerang oleh Pacific Paint

“Saya menganggap Kampung Bekelir ini sebagai mitra dari Pacific Paint, kita punya impian untuk membangun Tangerang sebagai tempat Pacific Paint saat ini menjalankan usaha, menjadi salah satu destinasi wisata yang dikenal luas dan akhirnya mampu mensejahterakan seluruh masyarakatnya,” ungkap Suryanto.

Dan tak sekedar seremonial belaka, Pacific Paint yang tengah gencar memberikan kontribusi nyata di segala bidang ini pun melakukan perubahan drastis di RW 1 Kelurahan Babakan menjadi lebih indah dan menarik untuk dikunjungi. Yang awalmya merupakan kampung dengan status kumuh sedang di daerah Tangerang, dirubah menjadi kampung wisata kreatif dengan memberdayakan ke 1.100 masyarakatnya serta memberikan ruang kreasi kepada seniman serta meningkatkan potensi daerah ‘Kampung Bekelir’ menjadi salah satu destinasi wisata  yang menarik untuk dikunjungi.

Dalam konsep Kampung Bekelir ini dijelaskan oleh Ketua RW 1 Kampung Babakan, Solikhin bahwa setiap inci dinding rumah di masing-masing lorong mengusung tema yang berbeda-beda sehingga terdapat ratusan mural dan grafiti yang indah dengan tema beragam. Ini merupakan obyek wisata baru yang kekinian diperuntukkan untuk masyarakat Tangerang dan sekitarnya yang memperlengkap obyek wisata lain yang tak jauh dari lokasi seperti Pasar Lama, Kali Cisadane dan Klenteng Tua Boen Tak Bio.

“Di Kampung Babakan ini ada berbagai macam etnis yang tinggal, ada orang Jawa, Sumatera dan bahkan Tionghoa, jadi mural dan grafiti di tiap lorong tempat masyarakat dengan berbagai etnis ini tinggal disesuaikan dengan ciri khas etnisnya. Dan juga untuk masyarakat yang punya ide-ide spesifik terkait bentuk mural dan grafiti juga kita berikan kebebasan menentukannya,” jelas Solikhin kepada tim Eljohnnews.com saat ditemui langsung di Kampung Babakan.

Memang benar adanya, dari pantauan lansung di lokasi terlihat bahwa di dalam lorong yang banyak dihuni etnis Tionghoa misalnya, terdapat sebuah mural besar bergambarkan barongsai.

Selain keberagaman yang menjadi nilai lebihnya, di Kampung Babakan ini para wisatawan nantinya juga dapat menikmati wisata kuliner, wisata edukasi UKM lokal seperti emping jengkol, tauge kacang hijau, sayuran hidroponik, bank sampah dan sebagainya.

Mural Barongsai di Salah Satu Sudut Kampung Bekelir di Lorong Tempat Tinggalnya Masyarakat Beretnis Tionghoa

Ricky Soesanto, Head of Marketing Pacific Paint merasa antusias dapat bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk menjalankan program CSR yang sesuai dengan komitmen untuk mewarnai Indonesia dengan produk cat berkualitas, salah satunya melalui kehadiran Kampung Bekelir ini.

“Sebagai korporasi yang baik, kami senantiasa memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi positif dan nyata kepada negeri tercinta. Dengan produk cat berkualitas dan kepedulian kami untuk mewarnai Indonesia dengan warna-warni terbaik, maka dalam setiap program CSR yang kami jalankan pun, kami selalu bergandengan tangan dengan pemerintah dan tokoh masyarakat setempat, sehingga kami merangsang pemberdayaan masyarakat untuk berbenah ke arah yang lebih baik. Dengan meningkatnya potensi wisata dan industri kreatif di beberapa sektor, maka kehadiran Kampung Bekelir ini kami harapkan dapat memperbaiki kehidupan warganya menjadi lebih berwarna dengan peningkatan penghasilan penduduknya. Dengan cat yang warna warni juga kami harapkan dapat mempercantik wujud kampung yang awalnya kumuh menjadi lebih indah untuk dikunjungi. Dan dengan ketertarikan masyarakat di kota lain untuk berkunjung dan menikmati seni mural yang terpajang di sepanjang tembok kampung, maka sudah pasti dapat membuka peluang bisnis lain yang dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Kampung Bekelir,” papar Ricky.

Dalam merealiasasikan kampung Babakan menjadi Kampung Bekelir ini, pihak Pacific Paint dan tokoh masyarakat setempat, menggandeng sekitar lebih dari 100 seniman baik seniman lokal maupun seniman mancanegara guna bekerja siang dan malam mewujudkan proyek istimewa ini.

Kampung Babakan Semakin Menarik Berwarna Warni

Dan Pacific Paint sebagai produsen cat ternama dan pertama di Indonesia, sudah tentu memasok seluruh kebutuhan cat untuk pengecatan dan pembuatan 1121 mural di 300 rumah di RW 1 kampung Babakan, sebanyak 1435 kaleng cat dengan berbagai jenis.

“Kita sediakan total 1435 kaleng cat berbagai jenis untuk digunakan mentransformasi Kampung Babakan menjadi Kampung Bekelir seperti sekarang ini,” kata Suryanto.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button