CultureTechnology

Makna Dibalik Google Doodle Unik Hari Ini, Mekanisme Antikythera​

Google kembali membuat ilustrasi Doodle hari ini, pada Rabu, (17/5). Dalam halaman utamanya, mesin pencarian internet itu kali ini menampilkan sebuah ilustrasi berupa lempengan roda besi yang telihat kuno. Google sengaja membuat Doodle tersebut untuk memperingati penemuan sebuah artefak kuno oleh Valerios Stais, seorang arkeolog Yunani. Artefak tersebut ditemukan dalam sebuah kapal karam bernama Antikythera, 115 tahun yang lalu.

Saat itu Valerios Stais memeriksa salah satu potongan artefak yang memiliki bentuk roda gigi di dalamnya. Awalnya Stais percaya bahwa benda tersebut adalah jam astronomi. Namun kemudian diketahui potongan logam yang terkorosi itu ternyata merupakan bagian dari mekanisme Antikythera, yakni sebuah komputer astronomi analog kuno.

Mekanisme Antikythera dapat melacak posisi planet, meramalkan waktu terjadinya gerhana bulan dan matahari, bahkan memberi gambaran akan Olimpiade berikutnya. Mekanisme ini juga digunakan untuk pemetaan dan navigasi. Sebuah dial di bagian depan menggabungkan kalender zodiak dan matahari, sementara dial di belakang menangkap siklus surgawi.

Hingga kini, sejarawan masih terus mencari tujuan dan mekanisme kerja Antikythera. Sementara pengunjung Museum Arkeologi Nasional Yunani mengagumi kompleksitasnya yang rumit. Google Doodle hari ini menggambarkan bagaimana sisa-sisa lempengan besi berkarat itu bisa membuka pengetahuan dan inspirasi yang menakjubkan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close