Lifestyle

Manfaat hipnotis selain untuk hiburan saja

hipnosis2

Mendegar kata hipnotis mungkin anda akan mengira kalau itu merupakan salah satu pertunjukkan sulap yang banyak di pertontonkan, selain itu juga banyak yang menyalahkan hipnotis untuk melakukan tindak kejahatan. Nah apakah anda mengetahui apakah itu hipnotis dan sebenarnya manfaat hipnotis selain sebagai hiburan dan tindak kejahatan. Ini silahkan baca yang berikut ini. Hipnosis adalah suatu kondisi mental (menurut state theory) atau diberlakukannya peran imajinatif (menurut non-state theory). Orang yang melakukan proses hipnosis (memberikan sugesti) terhadap subjek disebut hipnotis (bahasa inggris:hypnotist).

Hipnosis biasanya disebabkan oleh prosedur yang dikenal sebagai induksi hipnosis, yang umumnya terdiri dari rangkaian panjang instruksi awal dan sugesti. Sugesti hipnosis dapat disampaikan oleh seorang hipnotis di hadapan subjek, atau mungkin dilakukan sendiri oleh subjek (Self-hipnosis). Penggunaan hipnosis untuk terapi disebut hipnoterapi, sedangkan penggunaannya sebagai bentuk hiburan bagi penonton dikenal sebagai Stage hipnosis.

Hipnotis adalah cara tercepat dan termudah untuk mengubah pikiran, perasaan, perilaku, kebiasaan dan kepribadian Anda. Dalam pelatihan hipnotis, Anda akan diajarkan bagaimana menghipnotis diri Anda sendiri. Tujuannya adalah agar Anda bisa memegang kendali penuh atas diri Anda sendiri. Bisa menghipnotis diri sendiri sama artinya bisa meng-install program yang baik dan meng-uninstall program yang buruk dari diri Anda sendiri. Anda bisa menjadi lebih percaya diri, lebih termotivasi, lebih fokus, terbebas dari kebiasaan buruk, mengembangkan potensi pikiran dan sebagainya. Intinya, Anda punya kemampuan untuk mengubah diri Anda menjadi lebih baik. Pasti, selama ini Anda ingin menjadi orang yang lebih baik dan terus berkembang. Tapi Anda tidak atau belum ketemu caranya yang tepat. Nah hipnotis adalah cara yang sudah terbukti efektif untuk mengubah diri Anda sendiri.

Para ahli belum mengetahui secara pasti bagaimana hipnotis dapat mempengaruhi tubuh manusia, namun mendapati fakta bahwa hipnotis dapat menyebabkan tubuh berada dalam keadaan relaksasi yang sangat dalam. Hipnotis tidak dapat bekerja di luar kemauan seseorang dan hanya akan berhasil jika orang tersebut telah bersedia secara sukarela untuk menerima perintah atau petunjuk sang penghipnotis untuk melakukan sesuatu.

Hipnotis di dalam dunia kedokteran digunakan dengan tujuan untuk meringankan gejala dari suatu penyakit yang dirasakan oleh seseorang, bukan bertujuan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Hipnotis dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kecanduan (adiksi) terhadap obat-obatan terlarang, alcohol, makanan dan merokok. Rasa nyeri yang berhubun gandengan nyeri operasi, gangguan syaraf dan nyeri melahirkan juga dapat diatasi dengan hipnotis. Selain beberapa hal tersebut, hipnotis dapat digunakan untuk mengurangi stress psikologi dengan meningkatkan relaksasi dan sugestipositif.Hipnotis kerap digunakan untuk membantu mengatasi masalah insomnia, ansietas, phobia, obesitas, asthma dan irritable bowel syndrome (IBS).

Selain itu masih ada kegunaan hipnosis bagi yang mau melahirkan. Bagi wanita hamil, hipnotis dapat membantu memperlancar proses persalinan dan membantu terjadinya persalinan yang alami, nyaman, mudah, dan tanpa rasa nyeri. Teknik yang dikenal dengan hypnobirthing ini dikembangkan tahun 1989 oleh Marie F. Mongan di Amerika Serikat. Melalui perpaduan teknik hipnosis, pernapasan, dan posisi tubuh, hypnobirthing aman diterapkan sejak awal kehamilan hingga menjelang persalinan. Hypnobirthing membantu mencegah hal-hal yang mempersulit kehamilan.

Cara ini juga dapat mempercepat proses persalinan, mencegah baby blues, mempercepat pemulihan pascapersalinan, memperkuat ikatan emosional dengan bayi, dan menghindari intervensi medis yang berlebihan. Menurut hypnobirthing childbirth educator, dr. Rahmat Yanuardi, hypnobirthing juga berdampak positif bagi bayi. Janin jadi bisa tumbuh lebih baik, ikatan bayi dengan ibu lebih kuat, bayi lebih tenang dan cerdas, serta mengurangi risiko negatif persalinan pada bayi.

Hypnobirthing bekerja dengan memanfaatkan alam bawah sadar ibu, untuk melepaskan ketakutan dan kekhawatiran selama kehamilan dan saat persalinan. Dengan kata lain, terbangun persepsi positif tentang kehamilan dan persalinan pada calon ibu. Dilengkapi dengan teknik pernapasan yang efektif, para ibu diajarkan memusatkan pikiran sehingga menjadi lebih tenang menghadapi kontraksi gelombang rahim dan teknik bernapas efektif untuk persalinan. Itulha manfaat hipnosis selain untuk hiburan dan masih banyak lagi yang menggunakan teknik ini untuk kesehatan dan lain-lain. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button