Melalui Wisuda ke-83, Untar Pertegas Komitmen Dukung Pembangunan Berkelanjutan

0

“Untar untuk Indonesia & Dunia: Pendidikan Inklusif untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan” menjadi tema pada acara  Wisuda ke-83  Universitas Tarumanagara (Untar) yang diselenggarakan di Plenary Hall Jakarta Convention Center , Sabtu (25/05/2024).

Di wisuda kali ini, ada 2.055 mahasiswa/mahasiswi yang dinyatakan lulus.. Jumlah tersebut terdiri dari 1.649 lulusan program sarjana dan 406 lulusan Program Profesi, Pascasarjana, dan Doktor . Selain itu, Untar juga memilih lulusan terbaik akademik dan non akademik untuk setiap program studi.

Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., AE, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Wisudawan atas pencapaian yang luar biasa. Melalui proses pembelajaran yang berkualitas di kampus tercinta, Universitas Tarumanagara telah menorehkan prestasi yang membanggakan.

Prof. Agustinus mengungkapkan harapannya bahwa ilmu pengetahuan, teknologi, dan berbagai kompetensi baik akademik maupun nonakademik yang telah diperoleh oleh para Wisudawan selama menempuh pendidikan tinggi di Untar,  akan membawa manfaat yang besar bagi diri mereka sendiri, keluarga, dan masyarakat luas.

“Semoga ilmu pengetahuan, teknologi, dan berbagai kompetensi baik akademik maupun nonakademik yang telah Anda capai selama menempuh pendidikan tinggi di Universitas Tarumanagara dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat luas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di manapun Anda berkarya,” ujar Prof.Agustinus saat menyampaikan sambutannya.

Pada kesempatan ini, Rektor menyoroti peran pentingnya  pendidikan dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan, sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang digalakkan oleh pemerintah. Universitas Tarumanagara, sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta tertua, terbesar, dan terbaik di Indonesia, berkomitmen untuk menyediakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan efektif bagi seluruh mahasiswa guna mendukung pencapaian SDGs di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul.

“Hadirin yang berbahagia, Universitas Tarumanagara terus berusaha mengembangkan diri, meningkatkan penjaminan mutu, kegiatan ilmiah, pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bentuk, serta membangun kolaborasi tingkat nasional dan internasional sebagai upaya untuk menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik dan terpercaya,” tambah Prof.Agustinus

Ucapan selamat kepada wisudawan/wisudawati juga disampaikan Kepala LLDIKTI III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. Dalam sambutan Kepala LLDIKTI III yang dibacakan Ketua Tim Kerja PPKS dan Integritas Akademik Taufan S Pranggono, S.Kom., M.S, mengatakan tidak mudah setelah menjadi sarjana. Hal tersebut harus diperhatikan para mahasiswa yang telah lulus.

“Tantangan sarjana hari ini dan di masa yang akan datang cukup berat. Anda harus memikirkan bagaimana menyusun langkah dalam menapaki jalan masa depan Anda yang pasti setelah menjadi sarjana,” tegasnya.

Salah satu tantangan utama yakni tingginya tingkat pengangguran di kalangan lulusan perguruan tinggi. Menurutnya, kurangnya kesesuaian antara keterampilan yang dimiliki dengan kebutuhan pasar kerja menjadi salah satu faktor penyumbang tingginya angka pengangguran. “Kurikulum perguruan tinggi harus lebih responsif terhadap perkembangan dan kebutuhan industri,” tambahnya.

Lebih lanjut, LLDIKTI III menekankan pentingnya pengembangan soft skills selama masa kuliah, seperti kemampuan berkomunikasi dan kepemimpinan, yang juga menjadi kunci dalam dunia kerja. “Para lulusan diharapkan tidak hanya menjadi penerima pengetahuan, tetapi juga menjadi agen perubahan yang membawa cahaya pengetahuan ke dalam masyarakat,” ungkapnya.

Seperti wisuda sebelumnya, Wisuda ke-83 jug diisi oleh penandatanganan MoU  oleh Untar dengan sejumlah mitra, di antaranya Yayasan EL JOHN Indonesia, RRI, PT Roda Mas, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Budi Luhur.

Sebagai perguruan tinggi swasta yang ikut melestarikan budaya, Untar tak pernah putus dalam mengangkat budaya daerah setiap pelaksanaan wisuda. Kali ini, keindahan budaya Maluku yang diusung pada Wisuda ke-83. Serangkaian kegiatan yang mencerminkan kearifan lokal Maluku, mulai dari tarian tradisional, musik, hingga baju adat ditampilkan kepada para tamu undangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *