Lifestyle

Mengenal Jenis teh dan khasiatnya

type of tea

Ketika anda sedang menikmati waktu di pagi hari atau sore hari memeng enak jika meminum secangkir teh dan di temani beberapa camilan, terasa sungguh tenang diri ini. Tahukah anda kalau teh memeliki beberapa jenis dan masing-masing memiliki manfaat yang berbeda loh. Teh yang sudah dikenal sejak dulu biasanya diminum sebagai obat dan di Eropa sendiri mereka memilki waktu tersendiri untuk meminum teh. Teh memang banyak mengandung senyawa yang mampu menyehatkan badan anda, dan perlu anda ketahui juga kalau pembuatan teh ini dilakukan sesuai dengan jenis tehnya loh. Jadi semuany tidak dilakukkan dengan cara yang sama, tapi ada perlakuan yang berbeda dari masing-masing teh. Nah sekarang kita akan sedikit mengenal jenis-jenis teh dan manfaatnya.

 teh-hijau2

Gambar. Teh Hijau

Teh Hijau

Teh hijau mungkin sudah banyak dipasaran dan sudah banyak di kenal orang. Teh ini biasanya kita minum ketika dalam situasi santai. Teh hijau merupakan sumber antioksidan paling kuat yang dapat bantu memperbaiki fungsi tubuh. Selain dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, Alzheimer, dan dapat mengurangi berat badan. Oleh karena itu, tak jarang teh ini dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet.

teh-hitam-adalah 

Gambar. Teh Hitam

Teh Hitam
Penelitian yang dipublikasikan Journal of Psychopharmacology menunjukkan bukti bahwa teh hitam efektif menurunkan kortisol, hormon stres. Teh hitam juga mampu mengurangi risiko kanker serta dapat menghindari pembekuan pembuluh darah yang mengakibatkan Stroke.

teh-oolong

Gambar. Teh Oolong

Teh Oolong

Teh yang berasal dari cina ini memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah, mencegah kerusakan gigi, dan baik untuk kulit karena mengandung banyak antioksidan. Para penderita penyakit jantung dan diabetes sangat dianjurkan untuk meminum teh oolong secara teratur karena mampu mampu mendorong metabolisme tubuh, membakar lemak.

 teh matcha

Gambar. Teh Matcha

Teh Matcha
Para biksu di Jepang biasa mengkonsumsi salah satu jenis ocha ini, untuk bersantai. Tetapi tidak hanya itu saja, banyak orang percaya teh ini mengandung antioksidan yang tinggi, sebanding dengan coklat hitam. Mactha juga dipercaya dapat melawan karsinogen atau penyebab kanker, mengurangi kolesterol, menurunkan berat badan, dan juga bersifat detoksifikasi yang kaya akan serat.

teh-putih-jalan-pintas-untuk-sehat

Gambar. Teh Putih

Teh Putih

mampu memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi Staphylococcus, infeksi Streptococcus, pneumonia, dan karies gigi, serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan kanker.

 teh-chamomile

Gambar. Teh Chamoline

Teh Chamomile
Chamomile yang dapat tumbuh secara liar ini memiliki banyak kegunaan, seperti dapat memberikan ketenangan pada diri anda, sakit gigi, insomnia, pembengkakan iritasi kulit. Selain itu teh chamomile sangat berguna bagi wanita karena dapat mengurangi kram pada saat menstruasi dan menyembuhkan flu. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan asam amino untuk

teh-kuning

Gambar. Teh Kuning

Teh Kuning
Teh Kuning meruakan sebutan untuk teh berkualitas tinggi yang disajikan di istana kaisar atau teh yang berasal dari daun teh yang diolah seperti teh hijau tapi dengan proses pengeringan yang lebih lambat memilki andungan antioksidan tinggi yang mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dan keriput di wajah. Terlepas dari khasiatnya bagi kulit, teh kuning juga mampu mencegah kanker, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan risiko stroke.

Nah seakrang sudah tahukan jenis-jenis teh serta manfaatnya baik untuk keshatan maupun kecantikan. Jadi sekarang anda dapat memilih teh yang sesuai kebutuhan anda. Selamat menikmati. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button