Eco TourismTourism

Cantiknya keindahan alam Barumun Nagari

baruman

Barumun Nagari, mungkin bagi anda ini baru pertama kali anda mendengar nama tempat wisata alam atau eko wisata yang satu ini. Barumun Nagari terletak di Kecamatan Batang Onang, Padang Lawas Utara, sekitar 12 jam dari Medan. Taman alam ini berada di zona penyangga kawasan Suaka Margasatwa Barumun, yakni kawasan hutan konservasi yang tidak boleh ada aktivitas apapun yang merusaknya. Dikelola dengan konsep ekowisata karena melibatkan peran serta masyarakat untuk menekan laju deforestasi kawasan hutan. Kawasan ini merupakan habitat dari beberapa hewan yang dilindungi karena hampir punah seperti harimau Sumatera, gajah Sumatera, orangutan Sumatera, burung rangkong, siamang dan tapir.

Selain itu anda juga bisa menikmati keindahan alam dengan cara yang anda sukai, jika anda menyukai berpetualang anda bisa trek yang biasanya digunakan penjelajah hutan. Kalau anda menyukai motor trail anda bisa juga mencoba trek yang biasanya di gunakan mobil offroad, kalai tidak pun anda bisa merasakan tantangan denga adrenalin yang memuncak dengan mencoba arung jeram. Keindahan alam disini sungguh tidak bisa diucapkan dengan kata-kata, anda dapat melihat matahari terbenam jika menaiki bukitnya dan anda akan ditemani denga kabut awan yang akan menyejukkan hati anda.

Barumun Nagari, anda dapat menyusuri koridor yang menyambungkan hutan luas dengan hutan dataran rendah di bawah (green belt) yang masih kaya akan makanan hewan langka menggunakan jeep trail. Sambil menyusuri green belt, anda dapat menikmati pemandangan dan melihat hewan langka langsung seperti Siamang, Burung Rangkong, dan Rusa. Anda juga dapat melihat kearifal lokal dari penduduk setempat dan melihat banyak produksi lokal seperti pembuatan gula aren dan anda juga dapat menikamati kuliner dan kebudayaan dari tempat tersebut.

Menurut Manajer Program Barumun Nagari Ecotourism, Hendry Suryadi mengatakan bahwa selain anda dapat melihat banyaknya satwa liar masih ada juga yang dapat meikat hati anda dan dapat membuat anda kembali lagi yaitu keeksotisan Danau Tasik. Bapak Hendry juga menjelaskan dalam hutan Suaka Margasatwa ini berjalan pada aspek pendidikan, konservasi serta peningkatan prosduksi penduduk lokal. Jadi untuk menjaga hutan ini tidak hanya dilakukan oleh petugas yang bersangkutan tapi juga mendapatkan bantuan dari penduduk lokal, toh lahan yang luas ini masih kekeurangan personil makanya masih membutuhkan bantuan dari penduduk lokal juga untuk melestarikan Suaka Margasatwa Baruman.

Selain itu masih ada juga Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BBKSDA Sumut, Fitri Nur yang mengatakan, SM Barumun merupakan kawasan non taman nasional (TN) terluas yang ada di Sumut. Kawasan ini juga menjadi habitat beberapa jenis satwa kunci seperti harimau Sumatera, orang utan, siamang, burung rangkong dan beruang madu yang jika dikelola dengan memanfaatkan jasa lingkungan bisa membuka peluang bagi masyarakat sekitar kawasan dan pihak lainnya untuk mendapatkan keuntungan. Jika kesamaan visi ini terbangun kami yakin rasa mempertahankan kawasan SM Barumun juga akan terbangun.

Dengan luas kawasan Baruman ini mencapai 40.330 hektar memungkinkan adanya aktivitas perambahan ilegal yang dilakukan oknum penggarap. Setidaknya 1.000 hektare lebih kini sudah beralihfungsi menjadi perkebunan, tempat tinggal dan sebagainya, jika kita mengurangi lagi denga permabaan huta secra ilegal dimasa yang mendatang hanya berapa hektar lagi yang akan tersisa. Bagaimana sekarang setelah melihat penjelasan yang ada di atas, silahkan datang ke medan dan nikati keindahannya. Selamat menikmati dan Have fun ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button