CultureHeadline NewsTransportation

Menhub: Festival Balon Udara Solusi Meredam Penerbangan Balon Udara Sembarangan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menemukan solusi agar  penerbangan balon udara yang sudah menjadi tradisi tidak membahayakan bagi maskapai penerbangan. Solusi itu adalah digelarnya festival balon udara seperti yang diusulkan AirNav Indonesia. Festival ini nanti dapat mengatur masyarakat yang ingin menerbangkan balon udara tanpa sembarangan.

“AirNav Indonesia akan menindaklanjuti tradisi balon udara yang telah menjadi kearifan lokal yang dipertandingkan pada event peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus,” kata Menhub melalui siaran pers.

Dengan diselenggarakannya festival itu, Menhub berharap masyarakat tetap dapat melaksanakan tradisinya tetapi tetap dalam aturan dan ketentuan yang berlaku sehingga tidak mengganggu kepentingan umum.

Menhub menjelaskan ada beberapa aturan yang nanti diterapkan dalam fetival balon udara ini. Aturan itu diantaranya meliputi dibatasinya ketinggian balon udara dan lokasi digelarnya festival. Untuk ketinggian, menjadi penting karena balon udara tidak diterbangkan ke wilayah udara penerbangan maskapai. Sedangkan lokasi yang dicari adalah lokasi yang dapat menampung para peserta balon udara, mengingat ukuran balon udara cukup besar. Tak ketinggalan soal dekorasi dan desain balon menjadi nilai lebih bagi peserta.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso menambahkan segera menindaklanjuti dengan menyusun konsep penyelenggaraan festival balon udara.

“Nantinya balon udara tersebut diterbangkan tetapi masih dikendalikan ketinggiannya yaitu maksimal 150 meter dan diikat dengan jaring atau tali,” terangnya.

Dengan begitu, lanjutnya, desain bentuk, warna dan gambar pada balon-balon udara itu akan dapat lebih lama dinikmati dan menjadi salah satu program kalender wisata lokal maupun nasional sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Pada Idulfitri 2017, masyarakat di beberapa daerah marak menerbangkan balon udara yang sangat membahayakan aktivitas penerbangan. Lokasi yang ditemukan banyak balon udara adalah Wonosobo, dan Purworejo Jawa Tengah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button