EconomicTechTechnology

Menperin: Transformasi Digital Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing Industri

Dalam era transformasi industri 4.0, perubahan mendalam terjadi dalam berbagai sektor ekonomi, terutama dengan adaptasi teknologi digital yang semakin masif. Salah satu strategi utama dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing industri manufaktur adalah percepatan transformasi digital yang lebih berkelanjutan, fleksibel, dan efisien.

Pada tahun 2018, Kementerian Perindustrian meluncurkan peta jalan “Making Indonesia 4.0” untuk mempercepat transformasi digital sektor manufaktur di Indonesia. Peta jalan ini menjadi panduan bagi pelaku industri dan pembuat kebijakan untuk menerapkan konsep revolusi industri 4.0, dengan tujuan besar menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari 10 negara dengan ekonomi terkuat di dunia pada tahun 2030.

“Perusahaan manufaktur memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Transformasi dan implementasi industri 4.0 di perusahaan manufaktur diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, daya saing, efisiensi, nilai tambah, dan keberlanjutan industri nasional,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutan pada Penganugerahan National Lighthouse Industri 4.0 dan Soft Launching Indonesia 4.0 Conference And Expo 2024 serta Regional Cloud & Datacenter Congress 2024 di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Menperin, implementasi teknologi industri 4.0 memiliki dampak positif pada aspek finansial, operasional, dan teknologi. Namun, kesadaran akan manfaat teknologi digital merupakan komponen kunci dalam proses transformasi ini, yang harus disertai dengan perubahan mindset digital.

Sejalan dengan upaya percepatan transformasi industri 4.0 di sektor manufaktur, Kementerian Perindustrian sejak tahun 2019 telah meluncurkan program National Lighthouse Industri 4.0. Perusahaan yang ditetapkan sebagai National Lighthouse Industri 4.0 diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam menerapkan transformasi industri 4.0.

Hingga tahun 2022, sebanyak 14 perusahaan telah ditetapkan sebagai National Lighthouse Industri 4.0. Perusahaan-perusahaan ini diharapkan dapat berperan sebagai pusat pengetahuan dan tempat pelatihan bagi perusahaan lain dalam mengadopsi teknologi industri 4.0.

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang ditetapkan sebagai National Lighthouse Industri 4.0, diharapkan perusahaan lain akan terdorong untuk belajar dari praktik terbaik dalam mengadopsi teknologi terbaru. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan kelangsungan bisnis perusahaan di era digital ini.

Proses seleksi National Lighthouse Industri 4.0 melibatkan berbagai tahapan evaluasi dan penilaian, melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, perguruan tinggi, asosiasi industri, penyedia teknologi, dan perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya sebagai Lighthouse Industri 4.0.

Dalam sebuah acara di Jakarta, Menperin bersama dengan Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri menyerahkan piagam National Lighthouse Industri 4.0 kepada 15 perusahaan yang telah berhasil melewati semua tahapan seleksi. Perusahaan-perusahaan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi industri lainnya dan menjadi mitra dialog bagi pemerintah dalam implementasi Industri 4.0 di Indonesia.

Pencapaian ini melebihi target yang ditetapkan sebelumnya oleh Menperin, dan menunjukkan komitmen Indonesia dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam era transformasi digital global.

Selain itu, Indonesia juga akan menyelenggarakan Indonesia 4.0 Conference & Expo 2024 dengan tema “Bersama Menuju Keberlanjutan”. Acara ini akan menjadi platform bagi para pemangku kepentingan industri 4.0 untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mendorong pertumbuhan ekosistem transformasi digital dan industri 4.0 di Indonesia.

Dengan berbagai upaya ini, Indonesia semakin menunjukkan komitmennya dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button