Eco TourismTourism

Menteri pariwisata menargetkan 10 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2015

WYcPIDuzbB

Pada tahun 2014 indonesia telah mencapai 9,3 juta turis mancanegara yang berwisata. Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata menyatakan kondisi pariwisata pada tahun 2014 sangat baik dan ingin melakukan peningkatan pada tahun 2015. Devisa yang dihasilkan oleh pariwisata juga telah mencapai US$ 10,69 miliar, sungguh angka yang fantastis.

Beliau juga menuturkan “ Dalam mencapai target 20 juta wisman pada tahun 2019 pelu dilakukan perbaikan infrastruktur baik dari segi pariwisatanya, ICT (Information and Communication Technology ), health and hygiene dan aksesibilitas (conectivity, seat capacity dan direct flight) serta regulasi.

Upaya yang tengah dilakukan sekarang yaitu melakukan promosi menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan masih banyak lagi media yang bisa dijadikan media promosi. Selain melalui media on-line, juga diupayakan promosi melalai media off-line seperti memasang iklan pada lifestyle  mags, media placement di titik-titik strategis, mengukuti consumer shows (B2C), consumer promotions, maupun melakukan sales missionsroad show  dan famtrips dengan mengundang para tour operator dan  penulis pariwisata dari negara-negara yang menjadi sumber wisman.

Arief juga menjelaskan indonesia memiliki beberapa keunggulan dalam hal pariwisata, seperti keindahan alam indonesia yang telah diakui dunia, keragaman kebudayaan yang dimiliki indonesia dan hasil kerajinan tangan indonesia yang bervariatif. Keunggulan tersebut akan ditingkatkan lagi agar dapat menarik minat baik itu wisata mancanegara maupun wisatawan yang berasal dari dalam negeri.

Adanya peningkatan dalam pariwisata juga mampu meningkat ekonomi kreatif, dimana pada tahun 2014 ekonomi kreatif mampu menyerap tenaga kerja sebesar 7%. Oleh karena itu di tahun 2015 Kementrian Pariwisata berharap adanya peningkatan jumlah kunjungan wisman sebesar 10 juta, sementara wisatawan dari lokal sebesar 254 juta, dan mampu memperoleh devisa sebesar US$ 12,05 miliar, serta jumlah tenaga kerja di bidang pariwisata sebanyak 11,3 juta orang. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button