MRT Jakarta Bawa 102 Juta Orang Selama 5 Tahun Operasi

0

Sejak lima tahun beroperasi, MRT Jakarta telah mengangkut 102.067.777 per tanggal 13 Maret 2024. Ketepatan waktu tempuh, tunggu, dan kedatangan konsisten di 99,9 persen.

Rata-rata jumlah pengguna MRT per hari terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun pertama beroperasi mencapai 86 ribu orang per hari, kemudian pada tahun 2023 mencapai 91 ribu orang per hari.

Untuk hari kerja Senin hingga Jumat, rata-rata harian mencapai 119 ribu orang per hari. Angka ini menunjukkan bahwa MRT Jakarta telah digunakan sebagai salah satu moda transportasi pilihan ke tempat kerja.

Selain itu, angka Indeks Kepuasan Pelanggan terus meningkat sejak awal beroperasi. Pada tahun 2023 mencapai 88,51 melampaui target 85. Adapun  indeks ini diukur dari keseluruhan pengalaman perjalanan pelanggan dalam ekosistem MRT Jakarta, mulai dari pre-journeyon board, hingga post journey

“Secara konsisten, PT MRT Jakarta (Perseroda) terus meningkatkan service excellence, on time performance, dan menerapkan berbagai program pull ridership untuk menciptakan keunggulan kompetitif berkelanjutan dan memberikan layanan bernilai tambah bagi pelanggan,” ungkap Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Mega Tarigan.

Seperti diketahui, pull Program merupakan strategi yang digunakan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk menaikkan angka keterangkutan yang tidak hanya berfokus kepada layanan di dalam stasiun, melainkan di luar stasiun, seperti layanan pengumpan (feeder) menuju stasiun MRT Jakarta terdekat yang memudahkan first and last mile penumpang, gaya hidup dan pelanggan setia (poin), event di sekitar stasiun, hingga promo pembayaran tiket.

“Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada masyarakat dan pemerintah serta semua pihak atas dukungan dan kepercayaannya kepada kami hingga dalam waktu singkat ini, MRT Jakarta telah menjadi operator berkelas internasional yang diakui oleh industri metro di dunia,” ujarnya.

“Momentum Hari Operasional MRT 2024 kali ini juga kami canangkan sebagai Hari Bertransportasi Publik sebagai upaya mendorong lebih banyak lagi masyarakat menggunakan transportasi umum sebagai moda mobilitas sehari-harinya,” tambahnya. (Sumber: jakartamrt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *