Culinary TourismTourism

Nasi Sumsum, Nasi Khas Serang

nasi sumsum

Kalau berbicara tentang Banten mungkin yang terpikir di benak anda hanya berupa atraksi debus yang sering dijadikan hiburan di bebrapa tempat tidak hanzya di Banten saja tapi ada juga di beberapa kota di Indonesia. Tapi kalau mau berbicara tentang makanan yang ada di Banten perlu anda pergi ke Serang untuk mencicipi kuliner yang satu ini. kuliner ini berbahan dasar dari nasi, namun ada yang berbeda karena biasanya nasi itu bisa menjadi nasi kuning atau nasi goreng. Nah yang di Serang nasi malah di campur dengan sumsum,, hmm pensasaran bagaimana rasanya ya ?

Kalau berbicara tentang nasi sebenarnya hampir semua daerah di Indonesia pasti mengmakan nasi yang itu – itu konsumsi yang namanya nasi bukan, oleh karena itu dari pada kita hanya makan nasi yang itu – itu saja, boleh deh mencoba nasi yang satu ini. Awal mula nasi bakar sumsum menjadi makanan khas di Serang terjadi pada tahun 1941. Bermula dari tukang potong hewan yang bekerja di daerah Serang yang melihat sisa-sisa tulang yang mubazir untuk dibiarkan kemudian membawanya pulang.

Ternyata tulang yang dibawanya menarik seorang pembeli untuk menggunakan tulang tersebut. Tulang itu pun dipecah-pecah untuk memudahkan penjualan. Karena merasa pada bagian dalam tulang terdapat sumsum yang tidak terpakai sehingga dibuang oleh si tukang potong. Melihat akan hal tersebut kemudian dimanfaatkan istrinya. Berdasarkan hal tersebut istrinya mempunyai ide untuk menggunakan sumsum tersebut untuk dicampur ke dalam nasi lalu dibakar. Nasi yang telah dicampur sumsum kemudian dibakar ini menjadi sajian makanan sehari-hari.

Kejadian ini terus berlangsung, hingga sang istri harus melabeli nasi bakar sumsumnya dengan sebuah harga dan menjualnya ke Kota Serang dengan menggunakan gerobak. Tanpa disangka, nasi bakar sumsum buatannya disukai masyarakat yang mencicipinya. Nasi Bakar Puri adalah salah satu penjual nasi bakar yang asli dan masih bertahan di Kota Serang. Kedai makanan ini terletak di Jalan T.B. Buang, Pasar Lama. Masih menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi, selain itu untuk memasaknya juga masih menggunakan yang tradisional loh, katanya sih untuk menjaga kualitas rasa dari nasi tersebut.

Toh kalau dilakukan secara modern juga takutnya akan merubah rasa dari Nasi Sumsum itu dan astinya terasa sudah tidak original lagi. Nasi Bakar Puri merupakan bagian sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari kuliner khas Kota Serang. Rasanya yang gurih dan lezat akan membuat lidah seperti dimanjakan dengan rasa khas nasi bakar sumsum. Nasi sumsum bisa dinikmati dengan berbagai macam aneka pilihan isi, diantaranya isi daging sapi, daging kerbau, otak sapi, hati dan ampela, bakso serta sosis.

Jika memesan satu porsi nasi sumsum, pengunjung akan mendapat 2 bungkus ukuran kecil dengan harga hanya 12.000 rupiah saja. Jika digabungkan, 2 bungkus nasi bakar sumsum ukurannya sama dengan satu piring nasi yang cukup untuk membuat perut lapar menjadi kenyang. Jenis nasi bakar sumsum yang ditawarkan juga bervariasi, ada nasi bakar sumsum biasa, ada juga nasi bakar sumsum yang dikombinasi dengan sosis keju, otak sapi, dan nasi bakar sumsum spesial yang diberi tambahan jeroan/hati sapi. Tidak terlalu sulit untuk menemukan nasi sumsum di serang. Bagi Anda yang ingin merasakan kenikmatan nasi sumsum khas serang banten, Anda dapat mengunjungi Nasi Sumsum Mang Puri di Pasar lama Serang.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button