DestinationTourism

Objek Wisata Situ Cipanten Meraih Omset Senilai Rp 30 Juta Perhari

Kunjungan wisatawan domestik ke objek wisata Situ Cipanten Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang mengalami peningkatan tajam di musim libur Lebaran tahun ini. Setiap hari selama libur, Situ Cipanten mendapat kunjungan sebesar 5 ribu pengunjung. Situ Cipanten pengelolaannya dipegang Karang Taruna Mangun Jaya Desa Gunung Kuning yang memiliki 40 anggota.

Situ Cipanten yang dulunya sempat vakum dan akhirnya mulai dibuka kembali Januari 2017 lalu. Tiket masuk ke objek wisata alam itu hanya Rp5 ribu plus parkir motor Rp5 ribu dan parkir mobil Rp10 ribu.

“Pada liburan Idul Fitri ini pemasukan per hari bisa mencapai Rp30 juta, sedangkan hari minggu biasa hanya memperoleh Rp1-2 juta,” jelasPengelola Situ Cipanten, Andri Gobel.

Pada liburan hari Jumat hingga Sabtu 1 Juli 2017 Situ Cipanten menyediakan hiburan musik yang bekerja sama dengan salah satu provider telekomunikasi swasta sehingga membuat semarak kawasan wisata yang diresmikan 1 April 1973 itu.

Tokoh masyarakat setempat yaitu Junaedi menyatakan pembukaan objek wisata Situ Cipanten memberikan berkah bagi warga sekitar yang bisa berjualan di lokasi wisata alam. Junaedy mengatakan bahwaa air Situ Cipanten berasal dari mata air yang tidak kering meskipun kemarau panjang.

“Ketika kemarau panjang air Situ Cipaten masih tersisa sekitar 10 centimeter,” papar Junaedy.

Warga yang berjualan makanan seperti gado-gado di sekitar objek wisata bisa mendapatkan untung senilai Rp700 ribu setiap hari. Malahan pedagang yang memiliki tempat di kawasan Cipanten omsetnya hingga Rp5-10 juta setiap hari pada momentum liburan lebaran.

Seorang pengunjung asal Desa Sidanghaji, Kecamatan Palasah, Imas Widaningsih mengaku baru pertama mengunjungi Situ Cipanten yang terkenal di media sosial.

“Sayangnya datang ke Situ Cipanten terlalu sore sehingga tidak bisa menaiki perahu angsa,” kata Imas.

Dikutip dari Radar Majalengka, meskipun sarana dan prasarana di Situ Cipanten masih belum lengkap tapi tingkat kunjungan ke kawasan wisata cukup ramai apalagi lokasi yang terbilang strategis dan berada di pusat keramaian. Pengelola juga menyediakan Mushala panggung sementara untuk pengunjung.

“Pengelola masih terus melengkapi sarana dan prasarana yang lebih baik, termasuk arena permainan anak dan flyngfox,” kata Andri.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close