DestinationEco TourismTourism

Pariwisata Berbasis Alam Menjadi Daya Tarik di Buleleng Bali

Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Bali menjelaskan bahwa daerah tersebut saat ini sangat mengandalkan destinasi wisata berbasis alam untuk menarik minat kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke wilayah tersebut.

“Alam Buleleng luar biasa. Kami punya konsep ‘nyegara gunung’ atau pegunungan dan laut yang sangat eksotis,” kata Kepala Dinas Pariwisata Buleleng I Nyoman Sutrisna.

Nyoman mengatakan dengan alam yang kaya serta memiliki keindahan yang menawan, dan merupakan kabupaten yang berlokasi di utara ujung Pulau Dewata tersebut akan terus berusaha mendorong pengembangan kepariwisataan dengan berbasis konservasi.

Salah satu objek wisata berbasis konservasi adalah terumbu karang yang berlokasi di Desa Pemuteran dan baru-baru ini meraih penghargaan sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, Buleleng juga memiliki pegunungan lengkap dengan  pemandangan sawah dan hutan eksotis yang sudah menjadi incaran para wisatawan. Yaitu di wilayah Sambangan dan Munduk merupakan destinasi yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara.

Nyoman menjelaskan kedepannya pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng akan terus mendorong beberapa objek wisata berbasis desa di wilayah pegunungan dan wilayah pantai agar terus melakukan pembenahan.

“Kami punya kelompok sadar wisata atau dikenal dengan Pokdarwis. Kami terus berupaya pariwisata berbasis masyarakat terus mengakar di daerah-daerah,” ujar Nyoman.

Selain itu Buleleng juga terus berupaya mengkampanyekan konsep wisata yang berkonsep berbeda dengan apa yang ada di wilayah Pulau Dewata bagian selatan.

“Kami punya konsep `Buleleng is different`. Artinya wisatawan akan menemukan yang berbeda ketika berkunjung ke Buleleng,” jelas dia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button