Culinary TourismTourismTravel

Pasar Pabukoan, Surganya Kuliner Kala Buka Puasa di Padang

Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat memusatkan pasar ‘pabukoan’ Ramadhan 1439 Hijriah di depan Blok III Pasar Raya. ‘Pabukoan’ dalam Bahasa Padang berarti pembuka, merupakan sajian takjil dan makanan-makanan ringan yang biasanya disuguhkan saat berbuka puasa.

Pasar ‘pabukoan’ ini hadir sepanjang bulan Ramadhan, mulai dari hari Kamis , 17 Mei 2018 ini hingga sehari sebelum Lebaran 2018.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 70 pedagang yang sudah mendaftarkan diri untuk berjualan di pasar ‘pabukoan’ ini.  “Sebanyak 10 pedagang yang telah mendaftar dan mendapat arahan akan membuka jualannya di lokasi tersebut,” kata Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal.

Makanan yang disajikan di pasar ‘pabukoan’ ini juga sudah terjamin kebersihan dan kehalalannya. Sebelum berjualan, para pedagang mendapat arahan langsung oleh Dinas dan Balai Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BPOM).

Beragam sajian makanan ada di pasar ‘pabukoan’ ini. Mulai makanan berat seperti nasi dan lauk pauk, hingga makanan-makanan kecil dan camilan seperti kolak, onde-onde, gorengan, lapek bugih, serabi lopis, dan kue lapis.

Tidak hanya makanan, minuman manis yang segar diminum kala berbuka puasa juga tersaji di pasar ‘pabukoan’ ini. Ada jus, es buah, es sirup, kelapa muda, skoteng, dan minuman es lainnya.

Untuk harga, tidak perlu khawatir. Makanan dan minuman di pasar ‘pabukoan’ ini dijual dengan harga yang murah meriah. Mulai dari Rp 5.000 hingga yangtermahal Rp 20.000 saja.

Jika Anda tertarik mengunjungi pasar ‘pabukoan’ ini, pasar ini baru dibuka pukul 15.00 WIB hingga usai Magribh sebelum masuk shalat Tarawih.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close