Headline News

Pastikan Stok BBM Aman, Dirut Pertamina Minta Masyarakat Tidak Panic Buying

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati meminta masyarakat untuk tenang dan tidak melakukan panic buying dengan terjadinya insiden kebakaran Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

“Jangan panik dengan isu. Jangan panic buying. Pertamina memastikan suplai BBM (bahan bakar minyak) aman. Kami punya skenario jika harus beroperasi dalam kondisi emergency sekalipun,” kata Nicke dalam konferensi pers virtual pada Senin, (29/3/2021).

Nicke juga menjelaskan, dalam insiden tersebut yang terbakar adalah tangki BBM bukan kilang. Tangki BBM ini dipergunakan  untuk menyimpan produk di area kilang.

“Jadi peralatan-peralatan utama untuk produksi kilang berikut juga fasilitas itu aman sehingga nanti ketika penanganan insidennya sudah selesai atau api padam, maka kondisi aman sehingga kilang nanti bisa kami operasikan kembali,” ujarnya menjelaskan.

Selain itu, CEO Subholding Commercial & Trading Mas’ud Khamid mengatakan, Pertamina saat ini juga sedang dalam kondisi siaga Ramadhan, sehingga melebihkan stok yang ada.

“Pertamina memonitor pola konsumsi, masyarakat tidak perlu panik karena memang stok cukup. Pertamina hari ini bisa memonitor kebutuhan SPBU di setiap tangki. Kami juga saat ini mengaktifkan siaga ramadhan, yang tentu stok kami tambah sesuai dengan statistik tiap tahun kebutuhan menjelang Ramadhan,” tutur Mas’ud.

Hal senada juga disampaikan Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono. Ia menyatakan  kondisi stok gasolin nasional sangat-sangat aman.

“Akibat pandemi COVID-19 penyerapan BBM belum berjalan optimal hingga hari ini. Jadi stok BBM ini luber ada 10,5 juta barel. Ini cukup untuk 27-28 hari ke depan, jadi tidak ada masalah. Sekitar 62.500 kiloliter per hari konsumsi masyarakat kita,” ucap Mulyono dengan tegas.

Seperti diketahui, terbakarnya Kilang Balongan ini terjadi pada Senin diri hari, (29/3/2021), sekitar pukul 01.59 WIB.Berdasarkan laporan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, peristiwa terbakarnya tiga unit tank product premium 42 T 301 A/B/C itu berdampak pada lima desa meliputi Desa Balongan, Desa Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Sukaurip dan Desa Tegalurung. Hingga berita ini dimuat, kobaran api masih terjadi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button